Dampak Covid-19, Google Meet Perpanjang Akses Gratis - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Dampak Covid-19, Google Meet Perpanjang Akses Gratis

google-hangout-meet

Salah satu produk perusahaan teknologi Google, Google Meet, menggratiskan layanannya mulai awal Mei hingga 30 September 2020. 

Aplikasi berbasis pada kemampuan video konferensinya ini menjadi salah satu alternatif untuk virtual meeting selama WFH di tengah pandemi COVID-19. 

“Hari ini, kami membuat Google Meet, produk konferensi video premium kami, gratis untuk semua orang yang tersedia selama beberapa minggu mendatang,” tulis Google dalam situs Google Meet. 

Dalam tulisannya tersebut, Google menjelaskan bahwa Meet dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi jarak yang terpisah terlebih saat ini sementara produktifitas pekerjaan harus tetap diselesaikan. 

“Meet akan membantu Anda saat bekerja dengan rekan satu tim, berbicara dengan profesional kesehatan, berbagi dengan orang yang dicintai, atau belajar dari rumah,” lanjutnya. 

Mulai awal Mei 2020 ini, Google menggratiskan para pengguna Google Meet untuk menikmati berbagai fitur yang sama untuk para pengguna bisnis dan pendidikan. 

Fitur-fitur tersebut antara lain seperti penjadwalan sederhana dan berbagi tampilan layar, real-time text, tata letak yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna, hingga tampilan yang diperluas. Akan tetapi, ketersediaan layanan tersebut akan dilakukan secara bertahap. 

“Ini berarti Anda mungkin tidak dapat langsung membuat rapat di Google Meet, tetapi Anda dapat mendaftar untuk diberitahu saat tersedia,” tulis Google. 

Cara Membuat Akun Google Meet

Pembuatan akun Google Meet tidaklah rumit. Apabila Anda telah memiliki akun Google (nama pengguna @ gmail.com), maka Anda hanya perlu masuk di meet.google.com yang dapat diakses melalui perangkat Anda. 

Apabila Anda tidak memiliki akun Google tersebut, Anda akan diarahkan untuk membuatnya terlebih dahulu saat masuk ke dalam aplikasi Google Meet. 

Anda dapat menggunakan aplikasi Google Meet dengan cara sebagai berikut: 
  1. Unduh aplikasi terlebih dahulu melalui Google Play Store di perangkat Android Anda, atau Apple Play Store di perangkat iOS. Anda juga dapat meengakses Google Meet melalui meet.google.com di komputer Anda. 
  2. Buka aplikasi, lalu masukkan akun Google atau email Anda yang lain. Selain itu, Anda juga akan diarahkan secara otomatis untuk membuat akun Google saat sign up. 
  3. Proses pembuataan akun telah selesai, masukkan kode rapat untuk segera memulai koneksi dengan kerabat Anda. 
Sebelumnya, Google Meet hanya tersedia sebagai bagian dari Google Suite yang hanya digunakan untuk menunjang produktivitas bisnis, organisasi, dan sekolah, dan berbayar setiap bulan. 

Pertemuan melalui Google Meet dibatasi hingga 60 menit untuk produk gratis, akan tetapi hal tersebut tidak diberlakukan hingga kebijakan layanan gratis rampung pada 30 September 2020 mendatang.

(tirto.id - Dinda Silviana Dewi, Yantina Debora)