Akun Google+ Mati per 2 April 2019


Setelah temuan bug yang berdampak pada 52,5 juta pengguna, Google mengumumkan keputusannya untuk menghentikan akun konsumen Google+ lebih cepat dari rencana semula, yaitu dari bulan Agustus 2019 menjadi pada bulan April 2019.

Google mengonfirmasi bahwa Google+ untuk akun konsumen akan dihentikan pada tanggal 2 April 2019 mendatang. Selain itu, sejumlah fitur layanan perusahaan dari Mountain View ini juga akan dihentikan mulai pekan depan. Sebagai contoh, mulai tanggal 4 Februari mendatang, pengguna akun pribadi Google+ tidak akan lagi dapat menciptakan profil, halaman, komunitas, dan acara di Google+.

Selain itu, dalam beberapa minggu mendatang, tombol sign in Google+ juga akan berhenti bekerja. Sehingga pengguna tidak akan lagi dapat memanfaatkan tombol ini untuk masuk ke akun Google+. Dalam beberapa kasus, tombol ini akan digantikan dengan tombol Google Sign-in sehingga pengguna akan tetap dapat masuk ke Google Account.

Per tanggal 4 Februari, Anda tidak lagi dapat berkomentar menggunakan akun Google+. Anda juga tidak lagi dapat berkomentar dengan Google+ pada situs lain per 7 Maret. Semua komentar pengguna pada seluruh situs akan dihapus mulai tanggal 2 April.

Setidaknya pada 2 April, seluruh akun Google+ dan halaman Google+ yang diciptakan oleh akun konsumen akan ditutup dan seluruh konten akan dihapus, termasuk foto dan video dari Google+ di Album Archive.

Pengguna akan dapat mengunduh dan menyimpan konten pada Google+ hingga tanggal 2 April. Kabar baiknya, foto dan video pengguna yang telah disimpan ke Google Photos tidak akan dihapus.

Hal tersebut tidak akan berdampak pada konsumen enterprise G Suite, sebab Google+ untuk akun G Suite masih akan tetap aktif. Google bahkan berencana untuk menyuguhkan desain baru dan sejumlah fitur baru dalam beberapa bulan mendatang.

(msn.com - Lufthi Anggraeni)
Previous
Next Post »