Catat! Ini Pesan Bagi Seluruh Warga Kota Bandung saat Terjadi Banjir - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Catat! Ini Pesan Bagi Seluruh Warga Kota Bandung saat Terjadi Banjir

banjir bandang bandung 2016

Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung Ferdi Ligaswara mewanti-wanti agar warga Kota Bandung mewaspadai cuaca ekstrem. Ia berpesan warga menghindari selokan dan juga matikan aliran listrik apabila rumah terendam banjir.

"Jika hujan secara terus menerus atau hujan besar dalam beberapa waktu, untuk menghindari jalan yang sering mengalami banjir atau genangan air dan daerah cekungan air," ujarnya dalam pesan singkat, Senin (24/10/2016).

Ferdi juga mewanti-wanti kepada warga agar lebih berhati-hati melewati jembatan pada saat volume air dari selokan atau sungai meluap. Termasuk menjaga keselamatan anggota keluarga.

"Disarankan tidak berada pada DAS atau DAK yang airnya meluap. Termasuk membiarkan anak -anak bermain di aliran air tersebut," kata dia.

Ia juga meminta warga lebih waspada di daerah-daerah titik longsor dan rawan pohon tumbang. Jika warga yang menggunakan kendaraan dan melintas kawasan yang tergenang air, untuk tidak memainkan pedal gas kendaraan. Menurutnya cara memainkan gas dengan keadan konstan dinilai lebih efektif agar kendaraan bisa terus berjalan. Hal ini berlaku untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

"Jika terpaksa tutup bagian alat pengapian dengan alumunium voil. Dan jika terjebak pada arus banjir upayakan untuk mematikan ac pendingin mobil lalu membuka kaca sedikit," terangnya.

Ferdi juga mengingatkan untuk memilih lokasi parkir yang aman dari wilayah yang rawan genangan air atau banjir. Jika rumah yang tergenang banjir, agar sebaiknya memperhatikan conecting listrik. Hal ini untuk mencegah agar tidak terjadi korsleting listrik karena terendam air.

"Termasuk untuk memperhatikan listrik di masing-masing rumah, matikan listrik jika terendam. Karena listrik melalui genangan akan sangat berbahaya," kata dia.

Warga di seluruh pelosok Kota Bandung untuk segera menghubungi pihak DPPK Kota Bandung, untuk meminta bantuan dari petugas. Petugas akan bersiaga selama 24 jam.

"Jika terjadi apa-apa yang tidak dikehendaki segera hubungi kami emergency call di 022 113, (022) 720 7113, dan (022) 7531847," pungkasnya.

(detik.com)