Tips Belanja Online dengan Aman dan Nyaman - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Tips Belanja Online dengan Aman dan Nyaman

tips aman belanja online

Di era digital saat ini, masyarakat menuntut setiap proses menjadi lebih cepat, mudah dan nyaman. Hal ini pun berlaku juga dalam hal berbelanja.

Bila dahulu konsumen merasa senang dan nyaman bila melihat langsung barang yang hendak dibeli, kini konsumen mulai beralih ke sistem online atau ecommerce.

Tidak hanya lebih mudah dan cepat, tetapi konsumen juga dapat membandingkan berbagai harga barang yang sama dari beberapa toko penjual yang berbeda untuk mencari barang dengan harga yang termurah.

Namun walaupun banyak kelebihan yang ditawarkan dari sistem belanja secara online tetapi konsumen harus tetap waspada terhadap perbuatan curang yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung-jawab.

Berikut ini beberapa tips agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan ketika berbelanja di online shop:

1. Teliti terhadap situs website tempat akan berbelanja

Kenali dahulu situs website sebelum Anda akan melakukan transkasi. Periksa apakah toko online tersebut memiliki toko fisik, periksa juga nomor telepon penjual dan hubungi.

Periksa juga toko tersebut di mesin pencari seperti google.com. Kata kunci yang dapat dipergunakan tidak hanya nama toko dan alamat situs toko tetapi Anda dapat juga memasukkan nomor telepon dan alamat email penjual.

Apabila Anda menemukan hal yang tidak beres terhadap toko tersebut, sebaiknya hentikan niat Anda untuk berbelanja di sana walaupun harga yang ditawarkan sangat menggiurkan.

2. Jangan tergoda harga murah

Jangan asal membeli barang dengan harga murah apalagi bila harga yang ditawarkan sudah tidak masuk akal karena terlampau murah. Bisa jadi itu adalah trik yang dipergunakan oleh sang penipu untuk menjerat korbannya.

Bandingkan harga dari beberapa toko lain terlebih dahulu. Anda patutu untuk curiga bila barang bermerek yang dijual dengan harga yang sangat murah.

Selain itu periksa spesifikasi barang, apakah barang yang ditawarkan memang sesuai dengan yang Anda cari dan apakah barang tersebut asli alias bukan palsu.

3. Baca kebijakan situs online shop

Teliti kebijakan yang biasanya tertera pada online shop. Kebijakan tersebut meliputi penggunaan data pribadi pengunjung website, kebijakan retur barang atau garansi, dan kebijakan risiko dalam pengiriman barang. Periksa juga siapa yang akan menanggung biaya kirim bila terjadi retur barang.

4. Pertimbangkan metode pembayaran

Saat ini berbagai metode pembayaran ditawarkan oleh online shop. Metode yang paling umum adalah transfer ke rekening penjual atau melalui kartu kredit. Waspadai juga pencurian data kartu kredit yang marak terjadi. Apabila menemukan hal yang mencurigakan, segera menghubungi bank penerbit kartu kredit. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan juga metode paypal atau COD (cash on delivery).

5. Perusahaan penyedia online shop (ecommerce)

Saat ini banyak perusahaan ecommerce yang menyediakan jasa layanan online shop. Namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan para penjual yang telah terdaftar untuk berjualan di website ecommerce yang bersangkutan contohnya blanja.com.

Berbelanja melalui www.blanja.com relatif lebih aman karena tersedia sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi Anda tidak langsung membayar ke pihak penjual tetapi uang akan ditahan oleh pihak ecommerce hingga barang sudah Anda terima dengan baik.

Selain itu Anda juga akan menghemat waktu karena blanja.com menyediakan berbagai jenis barang yang Anda butuhkan dalam satu lokasi situs.

Semoga tips tersebut dapat membantu Anda dalam berbelanja online. Selamat berbelanja!

(inikabarku.com)