Pengaruh Deodoran Terhadap Kesehatan Ketiak Anda - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Pengaruh Deodoran Terhadap Kesehatan Ketiak Anda

deodorant ketiak

Angkat tangan Anda jika Anda sangat perhatian dengan masalah ketiak Anda. Ketiak Anda menjadi sehat karena adanya keberagaman bakteri. Namun, penggunaan deodoran atau antiperspirant bisa mempengaruhi keadaan tersebut.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa memakai deodoran atau antiperspirant yang memiliki mekanisme berbeda, dapat memprediksi jenis kuman apa yang berkembang di ketiak Anda, seperti dikatakan peneliti kepada Time, yang dikutip dari Wellandgood, Rabu (24/2/2016).

Ilmuwan Julie Horvath, kepala laboratorium genomik dan penelitian mikrobiologi di North Carolina Museum of Natural Sciences, ingin mengetahui apakah deodoran dan antiperspirant terkait dengan pola yang berbeda dari pertumbuhan bakteri di ketiak.

“Ternyata, ketika kita menggunakan deodoran atau antiperspirant, ini akan mempengaruhi jenis dan jumlah bakteri pada ketiak,” ungkap Horvath.

Pada awal penelitian, pengguna antiperspirant memiliki mikroba yang lebih sedikit dari pengguna deodoran yang sudah memiliki lebih banyak mikroba dari mereka yang tidak menggunakan produk tersebut. Tapi setelah beberapa hari melepas penggunaan produk-produk tersebut, koloni bakteri di ketiak semuanya cukup mirip.

"Dari banyak penelitian lain tentang mikrobioma, kita tahu bahwa variasi bakteri penting untuk menjamin kesehatan. Ada begitu banyak lagi yang perlu kita pelajari," kata Horvath yang juga pernah menjadi pengguna antiperspirant.

Horvath sendiri pada akhir penelitian membuang antiperspirant-nya dan beralih ke produk deodoran alami bebas aluminium.

(pikiran-rakyat.com)