Penjelasan Ilmiah Suara 'Sangkakala' Misterius dari Langit - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Penjelasan Ilmiah Suara 'Sangkakala' Misterius dari Langit

the hum suara sangkakala dari langit

Ahli geologi dari University of Oklahoma,  David Deming, pernah menulis makalah tentang fenomena yang disebut The Hum –  suara misterius dan tak terlacak yang terdengar di lokasi tertentu di seluruh dunia, oleh 2-10 persen populasi. 

Dalam Journal of Scientific Exploration, ia mengatakan, sumber The Hum bisa jadi adalah transmisi telepon atau pesawat yang dioperasikan Angkatan Laut Amerika Serikat (U.S Navy) untuk kepentingan komunikasi bawah air. 

Sementara, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebut, Bumi sejatinya punya 'transmisi radio alami'. 

"Seandainya manusia punya antena, bukannya telinga, kita akan mendengar simfoni suara aneh yang berasal dari planet yang kita huni ini," demikian ujar NASA. 

Badan antariksa tersebut menyebut suara itu sebagai "tweeks," "whistlers" dan "sferics."

"Suaranya mirip latar musik dari film fiksi sains. Namun itu bukanlah fiksi ilmiah. Emisi radio ilmiah Bumi adalah nyata, meski kita tak menyadari keberadaannya, mereka sejatinya ada di sekitar kita setiap saat." 

Misalnya, petir. Halilintar bisa memproduksi emisi radio yang bunyinya mengerikan.

Gempa bumi juga bisa memproduksi suara dengan frekuensi rendah (sub-audible sounds) yang tak bisa didengar manusia secara normal. Demikian menurut  Brian W Stump, ahli gempa dari Methodist University, Dallas.

(liputan6.com)