Hati-hati, Jebakan Berkedok Promo Tiket Murah! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Hati-hati, Jebakan Berkedok Promo Tiket Murah!

online ticketing

Saat ini online travel agent (OTA) gencar menawarkan promosi berupa tiket pesawat, kereta api, dan sewa hotel dengan harga murah. Namun, tidak sedikit pembeli yang kecewa dengan alasan harga yang tertera di iklan berbeda dengan harga final. Bagaimana caranya agar kita tidak tertipu oleh promosi tiket murah dari OTA? Simak tipsnya di bawah ini!

1. Waspadai periode promosi yang terlalu mepet

Kita mudah tertarik dengan promosi tiket pesawat atau kamar hotel. Setelah ditelusuri, ternyata tiket murah tersebut memiliki periode waktu keberangkatan yang terlalu dekat dengan tanggal pemesanan. Padahal kita memerlukan waktu untuk mempersiapkan semua kebutuhan, mulai dari rencana, biaya hingga akomodasi selama perjalanan.

Pastikan terlebih dulu apakah kita benar-benar siap untuk berangkat sesuai tanggal promo yang telah ditentukan. Jangan sampai hanya karena tergiur dengan harganya yang murah,  akhirnya kita malah terburu-buru dalam mempersiapkan semuanya.

2. Pastikan apakah harga yang tertera di promosi merupakan harga final

Harga yang tertera di promosi belum tentu sama dengan jumlah uang yang akan kita keluarkan nantinya. Bisa jadi, harga yang tertulis hanya harga kursi penumpang, tidak termasuk biaya lain seperti bagasi atau biaya transaksi kartu kredit. Alhasil, kita harus mengeluarkan biaya lebih banyak dari yang kita bayangkan. Pastikan harga yang tertera di promosi tersebut sama dengan  jumlah uang yang harus kita keluarkan saat membayar. Oleh karena itu, sebaiknya pilih OTA yang memiliki reputasi bagus dalam memberikan harga jujur untuk semua calon pembeli.

3. Selidiki kebenaran “harga terbaik” dari setiap OTA


Jika menemukan tiket promo murah, tidak ada salahnya untuk membandingkan harga tiket di beberapa  OTA. Hal ini untuk menjamin bahwa harga tiket promo yang kita dapatkan benar-benar harga terbaik.

OTA yang jujur dalam berpromosi sudah seharusnya memberikan Best Price Guarantee atau jaminan harga terbaik, sebagai bukti bahwa harga yang mereka berikan adalah yang termurah dibandingkan dengan OTA lainnya.

4. Teliti kembali syarat dan ketentuan.

Syarat dan ketentuan dari promosi sering diabaikan karena terkesan ribet dan membingungkan, apalagi untuk pelanggan baru. Padahal, syarat dan ketentuan ini sangat penting. Jangan sampai kita menyesal membeli tiket hanya karena tidak membaca syarat dan ketentuan dari promo yang berlangsung. Sebagai contoh: pastikan terlebih dahulu apakah tarif tiket yang sudah dibayar dapat dikembalikan seandainya kita melakukan pembatalan.

Biasakan untuk lebih teliti dalam membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman seputar promosi yang berlangsung. Jika tidak mau ribet, pilih OTA terpercaya yang memberikan jaminan harga terbaik tanpa syarat yang terlalu berbelit-belit.

Sumber: kompas.com