Karet Gelang Warna Warni Ditarik Karena Risiko Kanker - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Karet Gelang Warna Warni Ditarik Karena Risiko Kanker

Loom bands 014

Peritel mainan Loom band (karet gelang), The Entertainer, mengumumkan penarikan semua produk Loom band sejak akhir Agustus karena berdasarkan penelitian karet gelang ini mengandung zat berbahaya yang bisa memicu risiko kanker.


Loom band yang merupakan karet kecil warna warni yang bisa dirangkai menjadi beragam aksesori seperti gelang, kalung dan lainnya itu kini memang tengah menjadi tren di kalangan anak-anak seluruh dunia.

Namun setelah dilakukan tes untuk melihat kemurnian kandungannya, British Assay Office menemukan bahwa seluruh produk loom band berisikan zat kimia berbahaya.

Dikatakan juru bicara dari British Assay Office, dalam pengujian itu menunjukkan adanya pemakaian phthalates yang melebihi batas wajar untuk digunakan di dalam produk kerajinan semacam loom band ini.

"Phthalates memiliki sifat karsinogen dan bisa menyebabkan kanker," kata juru bicara Assay Office.

"Phthalates dapat bermigrasi dari plastik ke dalam tubuh jika mereka terkena air liur dan keringat. Bila itu dibiarkan terus menerus, berdampak pada terjadinya kanker," kata dia menambahkan seperti dikutip Mirror, Senin (1/9/2014)

Phthalates adalah ester dari asam flatat (atau asam benzene-1,2-dikarboksilat). Umumnya digunakan sebagai plasticzer untuk membuat semua plastik lebih fleksibel dan lebih mudah diproses. Dan paling banyak dicampurkan ke dalam berbagai produk kosmetik, jok mobil dan motor, cat, lem, dan tentunya mainan plastik anak-anak.

Sebuah studi yang dilakukan Centers for Disease Control (CDC) pada 2000 di Amerika Serikat menemukan bahwa metabolit yang berhubungan dengan paparan Phthalates berkontribusi terjadinya Testicular Dysegenesis Syndrome. Yang berdampak pada meningkatkan kecacatan saat lahir pada saluran reproduksi laki-laki seperti testis yang tidak turun, serta jumlah sperma yang lebih rendah.

Phthalates diyakini menghambat terjadinya sintesis testosteron selama periode kritis perkembangan janin ketika sifat maskulin pada janin bayi laki-laki terbentuk.

Karena berisiko kanker ini akhirnya seluruh produk loom band ditarik dari pasaran.

Sumber: liputan6.com