Awas, Minuman Soda Bisa Rusak Gigi Anak dalam Waktu 30 Detik! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Awas, Minuman Soda Bisa Rusak Gigi Anak dalam Waktu 30 Detik!

awas minuman soda bisa rusak gigi anak dalam wak

Selama ini minuman bersoda sudah dikenal sebagai salah satu makanan yang tak sehat. Bukan hanya karena kadar gula yang banyak di dalamnya, melainkan juga karena minuman bersoda mengandung banyak zat asam. Sebuah penelitian mengungkap bahwa minuman yang mengandung zat asam dalam kadar tinggi bisa membahayakan kesehatan gigi anak-anak.

Hal ini tak hanya berlaku pada minuman bersoda saja, tetapi juga minuman lain yang mengandung zat asam seperti jus buah atau minuman berenergi. Penelitian mengungkap bahwa zat asam dalam minuman bersoda dan lainnya bisa merusak enamel gigi anak secara permanen. Bahkan tak tanggung-tanggung, kerusakan yang disebabkan oleh tingginya zat asam dalam minuman soda terjadi hanya dalam waktu 30 detik saja setelah minuman tersebut mengenai gigi anak.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa zat asam dalam minuman bisa merusak enamel gigi secara langsung, 30 detik setelah minuman yang asam tersebut menyentuh gigi. Ini merupakan penelitian yang penting dan sebaiknya menjadi peringatan agar anak menghindari minuman yang mengandung zat asam yang terlalu tinggi," ungkap Dr Sarbin Ranjitkar dari Craniofacial Biology Research Group di University of Adelaide, Australia.

"Ketika anak mengonsumsi minuman yang mengandung asam tinggi, ini bukan masalah segera membersihkan gigi anak satu jam atau 30 menit setelahnya untuk mencegah kerusakan gigi, karena kerusakan sudah terjadi," tambahnya, seperti dilansir oleh Web MD (11/08).

Secara normal, sebenarnya terdapat keseimbangan antara zat asam dengan mekanisme pertahanan dalam mulut yang sehat. Namun ketika keseimbangan itu terganggu, tak peduli jenis asam yang masuk ke mulut, gigi akan langsung rusak. Kerusakan akibat minuman yang mengandung zat asam ini juga didukung oleh faktor lain yang menyebabkan kerusakan gigi.

Beberapa faktor tersebut antara lain adalah kebiasaan menggemeretakkan gigi ketika malam, atau adanya penyakit lambung yang menambah keasaman dari perut ke mulut. Dikombinasikan dengan konsumsi minuman berkadar asam tinggi, faktor-faktor tersebut akan menyebabkan kerusakan permanen pada gigi anak.

Saat ini kerusakan gigi pada anak dan remaja yang disebabkan oleh minuman asam sedang marak dan semakin sering terjadi. Karena itu, sebaiknya waspadai konsumsi minuman anak Anda. Hindarkan mereka dari minuman yang terlalu banyak mengandung zat asam.

Sumber: merdeka.com