Ringkasan Debat Capres Jokowi VS Prabowo - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Ringkasan Debat Capres Jokowi VS Prabowo

prabowo_jokowi_debat_2014


Untuk Anda yang tidak sempat menonton debat calon presiden Jokowi dan Prabowo yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2014, berikut ini kami sampaikan ringkasannya:


SESI 1 VISI MISI EKONOMI

Jokowi :
1. Ekonomi Berdikari – Rakyat menghasilkan ekonomi berkekuatan

2. Mencapai ekonomi berdikari dengan memperbaiki mental dan menjamin kesehatan rakyat, kalau rakyat sehat dan rakyat berpendidikan, maka daya kompetisi ekonomi menjadi tinggi.

3. Mencapai hal tersebut dengan membuat Kartu Sehat Indonesia dan Kartu Pendidikan Indonesia

4. Kita harus memperkuat infrasturktur perekonomian.

Prabowo :
1. Betul kita butuh sehat, kita butuh berpendidikan, tetapi dari mana dananya?

2. Menurut data ketua KPK ada 7200 trilliun kebocoran .

3. Kami memakai tim pakar kami, jika 1000 trilliun saja bisa dijamin kita sudah bisa membangun koperasi, membangun desa dengan program 1 milliar satu desa/lurah, dan menaikkan pendapatan semua rakyat hingga 2.5 kali misalnya dari tiga juta -> 6 juta, membangun pelabuhan dan lain-lain.

4. Kita akan mengucurkan dana dari kota ke desa bukan dari desa ke kota.

SESI 2 PERTANYAAN MODERATOR

Moderator  ke Prabowo :
Mengapa harus ekonomi kerakyatan, bagaimana kebijakannya?

Prabowo :
Ekonomi kerakyatan adalah ekonomi jalan tengah, didasarkan pada pasal 31. Ekonomi harus menjamin kondisi keselamatan dan perlindungan kepada golongan rakyat tertinggal. Ini membedakan kita dengan neoriberal. Pemerintah harus turun tangan membela rakyatnya.

Iklim investasi, kami mendukung investasi asing. Tetapi tidak mematikan ekonomi rakyat dengan membuat koperasi dan mengucurkan massive fund ke rakyat. Kita akan meningkatkan dari  5 trilliun yakni yang dikucurkan pemerintah saat ini menjadi 20 trilliun saat pemerintahan kita nantinya. Terima kasih.

Moderator ke Jokowi :
Mengapa harus ekonomi berdikari?, bagaimana kebijakannya?, bagaimana pendapat anda mengenai realisasi pajak?

Jokowi :
Pasar tradisional sudah saya bangun dan menjadi pengalaman yang sudah saya buktikan . Mengapa harus pasar tradisional ?, karena disanalah produk-produk petani dijual, di sanalah produk-produk pengrajin tahu dan lapisan rakyat terendah berjualan.

Kota harus memberikan ruang sebesar-besarnya kepada para pedagang kaki lima (PKL), tetapi bukan hanya sekedar itu. Manajemen eknominya juga jelas. Jika kita bisa mengelola hal-hal kecil, niscaya ekonomi kita akan berkembang.

APBD harus diefisiensi, sehingga pembangunan menjadi efisien dengan menghindari kebocoran-kebocoran APBD. Memang betul ada program-program besar tetapi implementasinya dari hal-hal kecil bukan program awang-awang.  Terima kasih

SESI KE TIGA : PENAJAMAN / PERTANYAAN MODERATOR

Moderator ke Jokowi : Pemerintah harus menjamin pekerjaan bagi rakyatnya. ?, bagaimana program anda mengenai strategi ketenagakerjaan, bagaimana anda membuat lapangan pekerjaan?, tinggi anggaran mengapa tidak fokus ke rakyat?

Jokowi :
Pemerintah harus berani membuat program khusus kepada rakyat yang kurang berkembang. Bukan hanya anggaran yang disiapkan, namun bagaimana pengelolaannya. Maka harus dibangun sistemnya.

Mengapa?, karena keluhan mengenai kesehatan dan pendidikan adalah fokus utama, maka sistem yang wajib di bangun adalah Kartu Sehat Indonesia, dan Kartu Pendidikan Indonesia.

Investasi harus didorong ke semua provinsi jangan hanya di jawa dan sumatera, dan infrastruktur harus dibangun.  Dengan demikian tingkat urbanisasi tidak terjadi.

Saya adalah gubernur pertama di Indonesia yang menaikkan upah hingga 44 %. Saya sudah buktikan Terima kasih.

Moderator ke Prabowo :
Pemerintah harus menjamin pekerjaan bagi rakyatnya. ?, bagaimana program anda mengenai strategi ketenagakerjaan, bagaimana anda membuat lapangan pekerjaan?, tinggi anggaran mengapa tidak fokus ke rakyat?

Prabowo
Kemiskinan dan pengangguran adalah fokus kami. DImana kami memfokuskan pembangunan di sector pertanian. Pertanian bisa menghasilkan dalam waktu yang sangat singkat, contoh padi 100 hari, jagung 120 hari, dan benih-benih unggul lainnya. Ini bisa menyerap banyak lapangan pekerjaan.

Ada 77 juta hektar hutan rusak, dan hutan rusak itu akan diubah menjadi 2 juta hektar sawah baru, dan 2 juta hektar tanam etanol.

Indonesia harus meningkatkan produktivitasnya, kita harus bekerja tidak sedikit-sedikit, kita harus berpikir besar, dan menghasilkan produk besar. Terima kasih.

Moderator ke Prabowo :

Pertumbuhan penduduk sangat tinggi, kasus kematian ibu saat melahirkan semakin naik, bagaimana kebijakan anda mengenai pertumbuhan penduduk, dan bagaimana anda menangani akses kesehatan khususnya bagi perempuan?

Prabowo :
Kita melihat memang terjadi ledakan pertumbuhan, tercatat Kelahiran 5 juta penduduk. Bagaimana kita menangani masalah ini?, pertama kita harus mencari dana. Tadi  kita harus menghindari kebocoran, kita akan mendapat uang cash dari semua kebocoran 1000 trilliun. Kita akan menambah dokter, bidan, perawat. Kita harus buat big push untuk masalah ini,

Kita harus memperbaiki gaji dokter, gaji perawat. Kita akan ambil dari 1000 trilliun tadi dan dari produktivitas Indonesia, dari situlah dananya.

Apa strategi kita, bagaimana? Kita butuh strategi besar, kita butuh totalitas, kita amankan kebocoran, dan  bangun pabrik, bangun irigasi, bangun kereta api ribuan kilometer, bangun waduk.

Pada akhirnya kita investasikan di posyandu dan bidang kesehatan sebesar-besarnya.

Moderator ke Jokowi :
Pertumbuhan penduduk sangat tinggi, kasus kematian ibu saat melahirkan semakin naik, bagaimana kebijakan anda mengenai pertumbuhan penduduk, dan bagaimana anda menangani akses kesehatan khususnya bagi perempuan?

Jokowi :
Kita harus melihat kembali mengenai kampanye KB oleh BKKBN. Sehingga pertumbuhan penduduk bisa ditekan. Kita harus membuat masyarakat sadar bahwa memiliki dua anak itu cukup dengan kampanye keluarga berencana.

Mengenai angka kematian ibu semakin tinggi. Saya sudah sampaikan bahwa ini sebenarnya masalah sistem. Anggaran kita tinggi, tetapi tidak ada pengelolaan. Sama saja, Kita jangan membicarakan hal tinggi-tinggi  bicara mengenai dana trilliunan, tetapi hal paling dasar tidak kita tangani.

Dengan adanya kartu Indonesia sehat, semua bisa secara rutin cek kesehatan tanpa adanya biaya. Darimana biayanya?, anggarannya sudah ada. Tidak usah mikir trilliunan, itu sudah ada anggarannya hanya sistemnya yang belum ada yakni Kartu Sehat Indonesia.

SESI 4 : TANYA JAWAB ANTAR CAPRES

Jokowi ke Prabowo :
Bagaimana pandangan bapak terkait DAU dan DAK ?

Prabowo :
DAU dan DAK harus kita tingkatkan.

Dana ke daerah, dana ke kabupaten-kabupaten hanya bisa naik jika pendapatan negara bertambah.

Ini yang sudah bertahun-tahun saya perhatikan dan perjuangkan. Bagaimana caranya supaya menghindari kebocoran ke luar negeri?, bagaimana caranya kita mengamankan kekayaan negara itu, baru dengan itu bisa kucurkan ke daerah dari kebocoran tersebut.

Prabowo ke Jokowi :
Kondisi ekonomi dunia kurang menguntungkan, pertumbuhan ekonomi dunia 3.3 %, dan Indonesia di atas 5 %. Apa target pertumbuhan Indonesia jika bapak terpilih sebagai presiden?

Jokowi :
Ke depan saya meyakini pertumbuhan kita bisa naik di atas 7 % insya Allah, dengan catatan iklim investasi harus terbuka, sehingga investor lokal semakin banyak,

Kedua masalah perizinan harus dipermudah. Para investor merasa dilayani dengan mudah. Contoh harusnya IMB, SIUP, dan hal perizinan lainnya bisa dilakukan secara online.

Ketiga arah industri eksport harus dibuka sebesar-besarnya. Industri apa?, industri yang kita maksudkan adalah industri  dari kampung-kampung, industri  dari desa-desa, kita mau membuat industri itu berkompetisi di dunia.  Bagaimana caranya?, ya Dubes nantinya tidak diplomasi saja, tetapi juga menjadi marketer negara untuk mempromosikan produk-produk dalam negeri

Saya sudah buktikan sebagai pelaku industri kecil ini, semua bisa dilakukana asal negara hadir !.

Jokowi ke prabowo :
Bapak bilang kita banyak uang, sebenarnya kita malah mengalami banyak defisit di perdagangan dan APBN?

Prabowo :
Esensinya adalah kita mengalami defisit, karena kekayaan kita bocor ke luar negeri.

Kita impor minyak sehingga kita defisit perdagangan,  kita defisit anggaran, karena kekayaan kita bocor!. Ketua KPK mengatakan pada bulan september bocor 7200 trilliun. Kalau angka saya 1400 trilliun.

Jadi kalau bapak Tanya mengapa defisit? Ya karena kebocoran itu. Jawabannya pemerintah harus berani menutup kebocoran itu sehingga kita kembali menjadi macan asia.

Prabowo ke Jokowi :
Pendidikan sangat penting, selama ini kita wajib belajar 9 tahun, apakah bapak setuju jika 12 tahun, jika ini dilakukan kita akan membutuhkan penambahan hingga 40 trilliun, bagaiman pendapat bapak?.

Jokowi :
Saya sudah katakan pendidikan sangat penting. Ini menjadi hal yang utama.

Menurut kami pendidikan di tingkat SD harus 80 persen berbicara mengenai pendidikan karakter, sikap mental, 20 persen pengetahuan, di smp 60 persen karakter, 40 persen pengetahuan, di sma 80 persen pengetahuan 20 persen karakter.

Dengan itu kita akan mendapatkan manusia-manusia yang berdaya saing.

Berapapun dana yang dibutuhkan untuk pendidikan, apalagi hanya 40 trilliun itu tidak ada masalah, kita bisa dapatkan dari efisiensi listrik , bbm, dan lainnya, kita malah bisa menghemat 70 trilliun.

Kita bisa maju jika kita memiliki kemampuan mental yang bagus !

Jokowi ke Prabowo :
Bagaimana cara meningkatkan peran TPID?

Prabowo :
Apa itu TPID ?, (jokowi : TPID adalah Tim pengendalian Inflasi Daerah). Saya kan tidak tahu mengenai semua singkatan. Untuk masalah itu, kan Itu tugas kepala daerah?, itu adalah kerja tim pengendalian kita harus memperkokoh masalah itu dan manajemennya ada di daerah masing-masing. Terima kasih.

Prabowo ke Jokowi :
Anda tidak membahas tentang infrastruktur, tantangan negara kita sangat besar, bagaimana kita meningkatkan daya saing dan tantangan ekonomi, jika bapak tidak memberikan pemaparan tentang infrastruktur?

Jokowi :
Saya sudah paparkan sedikit mengenai infrastruktur, tetapi memang belum dijelaskan.

Pertama, saya tekankan tol laut sangat penting. Jika tol laut kita bangun antar provinsi dari Jakarta, sumatera, Sulawesi, papua, itu akan memudahkan masalah logistik. Ini akan memberikan rasa keadilan.

Transportasi laut seharusnya menjadi transportasi murah. Contohnya saya pelaku industri dengan transportasi laut, kita menjadi memiliki double track pada masalah logistik.

Kereta api menjadi penting, terkait transportasi untuk logistik dan juga transportasi orang.

SESI 5 : PERTANYAAN ANTAR CAPRES/ PENAJAMAN.

Jokowi : 
Bagaimana pandangan bapak mengenai ekonomi kreatif?, karena ini banyak sekali mengurangi pengangguran.

Prabowo  :
Ekonomi kreatif adalah sangat penting. Karena anak-anak muda sangat banyak yang berkecimpung di sana.

Dengan ekonomi kreatif inilah kita bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Karena itulah kita harus investasi besar-besaran di bidang pendidikan, sehingga ekonomi kreatif bisa menjadi memiliki kompetisi.

Bangsa kita memiliki naluri seni di dalam darahnya, rakyat kita memiliki bakat di bidang kreativitas, ini bisa menghasilkan devisa yang besar.

Jokowi :
Ekonomi kreatif seperti musik, desain, dan seni , pertunjukan. Ini masih tidak diperhatikan dengan benar.

Kita harus memperhatikan ini dengan benar, anak-anak muda berkecimpung besar di dalam ini bisa mendapatkan perhatian yang besar.

Prabowo :
Tim penasehat saya mengatakan :  jangan pernah setuju dengan apa yang dikatakan jokowi, tetapi saya bukan politikus professional. Saya akan mengikuti saran jokowi karena itu saran yang bagus. Ide yang bagus. (mengajak pak jokowi bersalaman kemudian berpelukan).

Prabowo ke Jokowi :
Asian economic community harus kita setujui sementara banyak dampaknya.  Menurut bapak bagaimana mengenai ini ?

Jokowi :
Ini fakta yang harus kita hadapi, dimana pada tahun depan ini akan terjadi. Pemerintah harus memberikan gerakan agresif.  Pemerintah harus masuk ke negara lain lebih dahulu sebelum negara lain masuk ke dalam negeri.

Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa investor domestik harus dipermudah, dan perizinan keluar harus dipersulit sedikit-sedikit. Semua negara melakukan ini.

Kita harus yakin kita bisa berkompetisi.

Prabowo :
Rincinya, bagaimana bapak mensikapi permintaan perusahaan luar yang ingin membuka cabang di kabupaten-kabupaten kita?, contohnya ingin membuka cabang-cabang bank. bagaimana jika mereka menguasai pasar dalam negeri?

Jokowi :
Pemerintah harus memberikan regulasi, membuat barrier yang memberikan kemudahan bagi pihak dalam dan memberi batasan bagi luar. Sehingga yang berdaya adalah produk-produk domestik.

Tentu membuka cabang bank dan perbankan tidak semudah yang dipikirkan itu ada regulasi oleh BI.

[beberapa missing statement – 1 pertanyaan dari jokowi ke prabowo dan prabowo ke jokowi tidak sempat direcord]

Pernyataan Penutup :

Prabowo : Kita harus menjadi negara yang kuat, kekayaan kita jangan bocor ke luar. Kita harus menjadi negara yang siap untuk menjadi macan asia.

Jokowi : Kita pernah ke daerah,  ke sumatera, aceh dan melihat orang yang bekerja pada malam hari, ketika kita sedang tidur. Saya ingin tekankan, saya Joko widodo dan JK kami siap memimpin negara ini dan bekerja siang malam jika rakyat memberikan amanah kepada kami.

Terima kasih. Siapa yang lebih bagus? Silahkan dinilai dengan obyektif.

(kompasiana.com - Parada White)