Penjelasan HAM Prabowo di Debat Capres Disorot Dunia - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Penjelasan HAM Prabowo di Debat Capres Disorot Dunia

DEBAT CAPRES WACAPRES PRABOWO HATTA


Debat perdana pasangan capres-cawapres antara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) telah digelar KPU. Adu gagasan itu tak hanya menyedot perhatian warga tanah air, tapi juga dunia internasional.


Ada satu sesi yang  menjadi perhatian media asing, yakni ketika Prabowo menjawab pertanyaan JK soal pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Penjelasan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) itu mengundang sorotan dunia.

Dalam laporan media Inggris BBC bertajuk "Indonesia presidential hopeful Subianto in rights row" (Harapan capres Prabowo soal masalah HAM), dijelaskan bahwa JK melontarkan pertanyaan.

"Bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah pelanggaran HAM pada masa lalu dan mencegah dan menjaganya pada masa yang akan datang," tanya JK, yang dilansir BBC, Selasa (10/6/2014).

Prabowo pun menjawab bahwa, "sebagai tentara, kami punya tugas untuk menjaga dan melindungi rakyat dari ancaman kelompok radikal. Soal hasil kinerja, biar atasan kami yang menilai. Saya adalah yang paling keras dalam menjaga keamanan rakyat di negara ini."

Media yang mengudara sejak tahun 1927 itu juga menulis kabar yang menyebut Prabowo sebagai salah satu tokoh dalam kerusuhan tahun 1998. Disebutkan juga bahwa Ketua Dewan Pembina Gerindra itu diberhentikan dari militer.

ABC dari Australia juga memuat jawaban Prabowo dari JK tersebut. Dalam artikel berjudul "Prabowo Subianto defends human rights record in Indonesia's first presidential debate with Joko Widodo", Prabowo menegaskan masalah pelanggaran HAM pada masa lalu sudah diselesaikan.

"Saya mengerti arah pertanyaan Anda (Jusuf Kalla). Saya tidak apa-apa. Saya sudah bertanggung jawab dan saya yakin sudah jelas," papar Prabowo, yang dilansir ABC.

Media Singapura Straits Times menyebutkan, dalam debat kandidat, Jokowi dan JK menyinggung isu yang menjadi kelemahan rival mereka. Yakni soal rekam jejak di pemerintahan dan HAM.

"Pemimpin harus menjadi teladan. Ketika berbicara soal HAM, maka ia harus menghormati hak asasi manusia," ujar JK, yang Straits Times tulis sebagai sindiran untuk Prabowo.

Selain itu, media lokal di Minnesota, Amerika Serikat, Star Tribune juga menuliskan penjelasan Prabowo soal HAM tersebut dalam berita bertajuk "Indonesia's Jokowi holds ground in 1st presidential debate, spars over human rights".

"Saya adalah mantan tentara yang telah melakukan tugas sebaik mungkin yang bisa saya lakukan," tegas Prabowo yang dimuat Star Tribune.

Sumber: liputan6.com