Apa Ada Tes Kesehatan Organ Seksual untuk Capres-Cawapres? - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Apa Ada Tes Kesehatan Organ Seksual untuk Capres-Cawapres?

jokowi yusuf kalla tes kesehatan


Kepala Rumah Sakit RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI Douglas S'Umboh mengatakan, ada 14 tes yang akan diikuti pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden. Dari semuanya, tidak ada tes kesehatan organ seksual.


"(Tes kesehatan seksual) hanya untuk perempuan. Karena calonnya enggak ada yang perempuan, jadi enggak ada," ujarnya di RSPAD Gatot Soebroto, Kamis (22/5/2014) pagi.

Bakal calon presiden serta wakil presiden menjalani tes kesehatan sebagai salah satu syarat Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasangan Jokowi-JK menjalani tes kesehatan pertama pada Kamis ini. Sementara itu, Prabowo-Hatta akan menjalani tes yang sama pada Jumat (23/5/2014).

Rangkaian pemeriksaan kesehatan meliputi beberapa unsur, yakni pemeriksaan sejarah kesehatan, pemeriksaan kesehatan jasmani dan psikis, serta pemeriksaan penunjang dan pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kesehatan jasmani atau fisik meliputi pemeriksaan kondisi internal tubuh seperti pemeriksaan jantung, pembuluh darah, paru-paru, bedah, eurologi, ortopedi, saraf, mata, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Pemeriksaan penunjang terdiri dari tes ultrasonografi abdomen, kardio, treadmill test, rontgen, tes dengan spirometer, audiometer, MRI, hingga CT scan. Sementara itu, pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah dan urine yang terdiri dari hematologi, tes faal, ginjal, dan mencari jika ada indikasi tumor.

Sumber: kompas.com