8 Kesalahan Keuangan yang Bikin Anda Jatuh Miskin - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

8 Kesalahan Keuangan yang Bikin Anda Jatuh Miskin

tabungan

Semua orang tentu ingin ada kemajuan dalam hidupnya, termasuk dalam hal finansial. Namun hati-hati jika Anda salah mengelola keuangan, maka hasilnya kekayaan Anda bukannya bertambah tapi terus terkikis dan bahkan jatuh miskin.


Ada banyak hal yang bisa membuat kekayaan Anda berkurang. Salah satunya, terus meminjam uang baik dari saudara, teman maupun lembaga keuangan seperti bank. Sikap boros juga bisa menjerumuskan Anda ke jurang kemiskinan.

Dilansir dari Lifespan.com, berikut 8 kesalahan umum yang bisa membuat Anda jatuh miskin:

1. Bersikap boros


Banyak orang membeli barang di luar kebutuhan. Tak peduli seberapa besar pendapatan Anda, jika Anda ingin hidup senang, Anda harus mulai melakukan penghematan untuk jangka panjang.


Anda mesti mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan segera berinvestasi dengan persentase gaji yang ada miliki setiap bulan.

2. Tidak mengatur anggaran

Salah satu alasan utama yang membuat pengeluaran menjadi berlebihan adalah tidak menetapkan anggaran keuangan. Anggaran membantu Anda menghitung berapa banyak biaya yang dikeluarkan tiap bulannya.

Alokasi keuangan dihitung berdasarkan total pendapatan, biaya pengeluaran bulanan, utang dan kewajiban lainnya. Anggaran juga memperhitungkan tabungan untuk masa pensiun.

3.  Mengabaikan simpanan pensiun

Banyak anak muda berpendapat kebutuhan masa pensiun masih terlalu jauh untuk dipikirkan. Padahal waktu menentukan jumlah tabungan pensiun ke depannya harus dimulai dari sekarang.

4. Memiliki banyak utang

Jika anda berutang, maka secara otomatis akan mengurangi arus kas Anda. Untuk mengurangi utang,  maka Anda harus meningkatkan jumlah tabungan. Jika Anda ingin berutang lagi, telitilah dengan bijak pinjaman anda.

5. Investasi terlalu banyak untuk rumah

Kebanyakan orang menginvestasi sebagian uang mereka untuk membeli rumah. Rumah dianggap sebagai investasi impian setiap orang. Namun sayangnya, mereka berinvestasi tanpa memperhitungkan kemampuan keuangannya. Anda harus berhati-hati dalam hal ini.

6. Hidup dengan menghabiskan gaji ke gaji

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah menghabiskan seluruh gaji untuk pengeluaran yang tidak perlu. Orang cenderung menghabiskan pengeluarannya tanpa berpikir tentang masa depan. Mulailah menabung dan berhati-hati dalam memakai uang.

7. Tidak memiliki asuransi yang cukup

Asuransi merupakan dana penting untuk melengkapi keuangan Anda di saat darurat. Anda harus memiliki asuransi untuk membantu aset Anda jika sesuatu yang ekstrim seperti kecelakaan.

8. Kredit mobil dengan cicilan tinggi


Pembayaran kredit mobil membuat orang mengencangkan keuanganan mereka. Padahal kita semua tahu harga jual mobil akan turun ketika pertama dibeli. Sementara Anda harus terus-menerus membayar cicilan pembayaran mobil tersebut dengan jumlah yang sama.

Sumber: liputan6.com