7 Fakta tentang Haid yang Mengagetkan - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

7 Fakta tentang Haid yang Mengagetkan

menstruasi

Kaum perempuan setiap bulan berurusan dengan `tamu` alias menstruasi. Tak semua perempuan senang menghadapinya. Para peneliti baru-baru ini menemukan, menstruasi membuat Anda benar-benar bodoh.


Psikolog di University of Bath, Inggris meminta 52 wanita dewasa untuk menyelesaikan serangkaian tugas baik yang mengalami kram atau tidak. Hasilnya, percobaan menyimpulkan menstruasi mengurangi fungsi kognitif dan rentang perhatian Anda. Ini yang membuat perempuan lebih buruk dalam melakukan tes.

Melihat fakta tersebut, ternyata ada begitu hal yang mungkin belum wanita ketahui tentang fakta menstruasi seperti dilansir YourTango, Minggu (4/5/2014):

1. Pria kurang tertarik dengan perempuan

Penelitian menunjukkan, kadar testosteron pria dipengaruhi aroma perempuan, terutama ketika ovulasi saat perempuan berada di puncak kesuburan.

Ilmuwan Saul Miller dan Jon Maner dari Florida State University berusaha mengujinya. Para ilmuwan meminta relawan laki-laki untuk mencium t-shirt yang dikenakan perempuan dalam berbagai tahap menstruasi.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa pria mencium aroma tshirt yang dikenakan perempuan saat berovulasi meningkatkan kadar testosteronnya dibandingkan pada tshirt pada wanita yang bukan ovulasi.

2. Membuat perempuan lebih lincah dibanding biasanya

Hormon progesteron yang diyakini menurunkan libido Anda berada pada titik terendah selama menstruasi, namun Anda menjadi lebih lincah.

3. Doyan berbelanja

Tagihan kartu kredit menumpuk pada waktu yang sama setiap bulan? Salahkan ovarium Anda. Wanita lebih mungkin royal berbelanja 10 hari sebelum mulai menstruasi.

Profesor Pine dari University of Hertfordshire yang menyurvei hampir 500 wanita tentang kebiasaan wanita saat menstruasi. Hampir dua pertiga perempuan yang diteliti mengatakan pada tahap akhir dari siklus menstruasi, mereka membeli sesuatu karena dorongan hati. Wanita pergi berbalanja untuk mengatasi PMSnya.

4. Gunakan tampon dalam jumlah banyak

Sekitar 70 persen wanita Amerika Serikat menggunakan tampon. Rata-rata wanita menggunakan 1.100 tampon dalam hidupnya.

5. Pengaruhi suara Anda

Ini membuktikan pria mendengarkan Anda. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Etologi, Psikolog meminta tiga kelompok mendengar suara rekaman perempuan yang menghitung satu sampai lima di beberapa titik siklus menstruasi yang berbeda. 

Pria kemudian diminta menebak rekaman suara perempuan yang dibuat saat menstruasi. Setelah memeriksa jawaban, peneliti Nathan Pipitone di Adams State College dan Gordon Gallup dari SUNY -Albany , menemukan bahwa pria sebagian besar benar menebaknya.

"Produksi vokal terkait dengan biologi kita. Sel-sel dari laring vagina sangat mirip dan menunjukkan reseptor hormon yang serupa," kata Pipitone.

6. Orangtua meyakini ini menyebabkan rambut merah

Perempuan berambut merah dianggap lahir apabila seorang wanita sedang menstruasi pada saat pembuahan.

7. Bagian tubuh bisa pendarahan tak hanya uterus

Fakta ini sedikit menakutkan. Kondisi medis ini awalnya muncul sekitar tahun 1800 yang disebut pendarahan dari permukaan selain selaput lendir rongga rahim yang terjadi pada menstruasi normal. Perempuan melaporkan terjadi pendarahan di mata, telinga, mulut, paru-paru, hidung, dan kulit.

Sumber: liputan6.com