Ternyata, Matras Yoga Harus Rutin Dicuci! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Ternyata, Matras Yoga Harus Rutin Dicuci!

matras yoga robert chris lee

Pecinta yoga pasti memahami bahwa latihan yang menuntut kelenturan tubuh dalam mengikuti pose dan gerakkan sesuai instruksi, menyebabkan tubuh memproduksi keringat lebih banyak. Tidak hanya baju olahraga Anda yang terpapar keringat, matras yoga yang Anda gunakan pun mengalami kondisi serupa.


Matras yang banyak menyerap keringat dan jarang dibersihkan, dapat menimbulkan aroma tidak sedap yang mengganggu kenyamanan. Maka dari itu, jangan malas mencuci matras yoga supaya waktu berlatih berlangsung kondusif dan maksimal.

Berikut beberapa tip praktis mencuci matras yoga di rumah:

1.Bersihkan seminggu sekali

Jordan Westra, Studio Manager Yoga Vida di New York mengatakan, sebaiknya Anda mencuci matras yoga setidaknya seminggu sekali. Terutama bagi Anda yang rutin berlatih yoga setiap minggu. Keringat yang jatuh dan terserap pada matras bisa menjadi “sarang” kuman yang berbahaya bagi tubuh dan kulit Anda. 

2. Cuci dengan pembersih alami

"Cucilah dengan menggunakan pembersih serbaguna dan air," kata Stacie Leavitt, Guru Yoga. Apabila matras Anda terbuat dari karet alami, gunakan campuran pembersih dan cuka dengan perbandingan 50:50. Formula ini diklaim dapat menghilangkan kuman, mengembalikan fleksibilitas tekstur karet, dan menjaga warna matras agar tidak kusam. 

3. Jangan menggunakan sabun terlalu banyak

Jordan Westra mengaku mencuci matras yoga dengan cara menyemprotkan kedua sisi matras dengan larutan cuka dan air. Setelah disemprot rata, lap dengan spons, lalu keringkan dengan cara digantung di tempat teduh yang banyak tertiup angin. "Jangan terlalu banyak menggunakan sabun dan air. Jangan juga direndam, karena air bisa masuk ke dalam matras dan membuatnya jadi tak lagi nyaman dipakai," katanya.

4. Matras juga bisa dicuci di mesin cuci

Lauren Imparato, Pendiri I Am You Yoga di New York mengatakan bahwa matras yoga juga bisa dicuci di dalam mesin cuci. "Cuci saja di dalam mesin cuci setiap sebulan sekali, tapi tanpa sabun. Kemudian masukkan ke dalam mesin pengering. Cara ini tidak akan merusak matras," katanya. 

5. Jangan dijemur di panas matahari

Jemur matras di tempat yang teduh atau banyak angin. Sebab, matras yang dijemur di bawah terik sinar matahari yang menyengat, dapat merusak fungsi material dasar matras.

Sumber: kompas.com