Waspada! Berita Hoax Penemuan Pesawat Malaysia MH370 - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Waspada! Berita Hoax Penemuan Pesawat Malaysia MH370

malaysia airlines hoax

Tak kunjung ditemukannya pesawat MH370 milik Malaysia Airlines sejak Sabtu 8 Maret ternyata dimanfaatkan sekelompok orang tak bertanggung jawab. Mereka membuat berita bahwa pesawat itu telah ditemukan di dekat Segitiga Bermuda.

Tentu saja berita itu palsu alias hoax. Seperi dikutip dari The Independent dan Al Arabiya, Senin (17/3/2014).

Karena dari hasil pencarian beberapa negara yang membantu pemerintah Malaysia, belum juga ditemukan keberadaan pesawat Boeing 777-200 ER itu. Meski muncul dugaan terkini bahwa pesawat tersebut dibajak.

Dalam artikel hoax yang diposting ke Facebook dan situs media sosial baru-baru ini, bertuliskan Headline "Malaysia Plane (MH-370) Has Been Found Near Bermuda Triangle. BBC News: Recent Video Released!".

Tentu saja judul utama itu dimaksaudakan agar menarik perhatian para pembaca. Karena isu itu sedang 'memanas'.

Yang sebenarnya sengaja dimanfaatkan oleh kepentingan tertentu, untuk mendapatkan 'klik' dari para pembaca. Padahal sebenarnya hanyalah sebuah halaman berisi iklan, yang jika di klik akan menghasilkan pundi-pundi uang untuk si pemilik laman.

"Link biasanya mengarah ke situs berita atau video palsu, dan mendorong pengunjung untuk berbagi link ke saluran media sosial untuk mengisi survei atau melakukan klik pada iklan," jelas analis Christopher Boyd dalam blog miliknya, Malwarebytes.

Dalam beberapa kasus, berita hoax dengan isu yang sedang hits tersebut akan menuju link ke sebuah survei selain mendorong pengguna untuk mengklik iklan. "Yang dapat membawa keuntungan untuk scammer atau para penipu,"

"Sayangnya, kami harus memperingatkan Anda bahwa para scammer mencari untung dari musibah hilangnya pesawat penerbangan MH370 melalui saluran media sosial," sambung tulisan Christopher.

"Tak perlu diungkapkan lagi, bahwa mereka tidak akan menampilkan video kecelakaan di akhir, karena tidak ada video dan hanya tipuan," urainya menambahkan.

Posting berita palsu lain terkait isu hilangnya pesawat MH370 yang beredar, antara lain dengan judul "Shocking Video: Malaysian Airlines missing flight MH370 found at sea” dan "Malaysian Airplane MH370 Already Found. Shocking Video Release Today by CNN”. Demikian seperti data judul yang ditulis Christopher dalam blognya.

Dilansir dari The Independent, berita hoax serupa sempat muncul setelah gempa bumi Jepang dan tsunami 2011. Lalu gempa Filipina tahun 2013.

Pesawat MH370 yang membawa 239 orang itu hilang pada Sabtu 8 Maret 2014. Satu jam setelah lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing. Hingga 16 Maret 2014, belum juga ditemukan keberadannya.

Segitiga Bermuda atau Bermuda Triangle seringkali disebut dengan Segitiga Setan. Sebuah area segitiga raksasa di lautan Samudera Atlantik yang menghubungkan Bermuda, Florida, dan Puerto Rico.

Sejumlah kapal dan pesawat dilaporkan hilang tanpa jejak selama berabad-abad di kawasan tersebut.

Beragam dugaan pun muncul, mulai dari medan magnet, pusaran air, lorong waktu, gravitasi, hingga isu mistis dikaitkan dengan penyebab hilangnya kapal-kapal yang melintasi kawasan tersebut.

Sejumlah orang juga mengklaim, musibah itu adalah akibat dari gas metan dalam jumlah luar biasa yang dilepaskan dari dasar laut. Lainnya menawarkan teori aneh, tanpa dasar, bahwa penyebabnya mungkin alien dari luar angkasa yang bersembunyi di balik ombak. Bahkan ada yang menyebut, jiwa-jiwa dari peradaban Atlantis yang hilang ditelan ombak, ikut andil dalam musibah itu.

Sumber: liputan6.com