Karyawan BCA Merasa Tak Dihargai oleh Pihak Manajemen - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Karyawan BCA Merasa Tak Dihargai oleh Pihak Manajemen

BCA Teller 01

Serikat Pekerja (SP) BCA Bersatu menuding manajemen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tidak menghormati itikad baik yang telah dilakukan sejumlah karyawan terkait sengketa penetapan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Penilaian itu muncul setelah upaya mediasi yang ditawarkan karyawan tidak diterima.

"Kami sudah berkali-kali membuat mediasi, tapi mereka selalu menolak," ujar anggota SP BCA Bersatu Hadrianus di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), Jakarta, Senin (24/3).

Hadrianus mengklaim, upaya mediasi tersebut juga sempat melibatkan Kemenakertrans. Dia menyebut, Kemenakertrans telah mengeluarkan surat anjuran yang menyatakan pihaknya memiliki kedudukan hukum untuk terlibat dalam perundingan PKB.

"Tapi mereka tidak mempedulikan keberadaan legalitas kami," ungkap dia.

Pada kesempatan yang sama, kuasa hukum SP BCA Bersatu Saeful Tavip mengatakan, kliennya terpaksa menempuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan ke PHI lantaran manajemen BCA mengabaikan niat baik karyawan. Meski sudah melalui jalur hukum, pihaknya tetap akan menempuh jalur mediasi jika masih memungkinkan.

"Hakim akan tetap menawarkan berdamai dan kami akan lakukan itu," ungkap Tavip.

Gugatan SP BCA Bersatu telah menjalani masa persidangan pertama dengan agenda pemeriksaan berkas. Sidang tersebut akan dilanjutkan dalam waktu dua minggu ke depan dengan agenda mendengarkan eksepsi tergugat.

Sumber: merdeka.com