Waspadai Gejala Awal Kanker Paru-Paru - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Waspadai Gejala Awal Kanker Paru-Paru

batuk


Menjaga kesehatan adalah prioritas utama. Akan tetapi banyak alasan yang bisa menjauhkan diri dari upaya menjaga kesehatan. Tidak ada cukup waktu, sibuk bekerja, atau lupa misalnya. Kondisi-kondisi itu membuat orang lupa menjaga kesehatan hingga akhirnya mengalami masalah kesehatan yang sulit ditangani.

Salah satu masalah kesehatan yang tak biasa sekaligus sulit ditangani adalah kanker paru-paru. Kanker paru-paru perlu dideteksi sedini mungkin agar dapat ditangani sebelum segela sesuatu berkembang tak terkendali.

Apa yang akan Anda lakukan bila orang yang Anda cintai ternyata menderita kanker partu-paru stadium empat? Ya, tentu sangat menyakitkan sekaligus menyedihkan. Pasalnya pada stadium empat, kanker paru-paru akan sulit ditangani dan peluang hidup di bawah 10%.

Semua orang tak ingin mendapati seseorang yang dicintai mendapat diagnosis semacam itu. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengetahui gejala awal kanker paru-paru. Dengan mengetahuinya, Anda dapat melindungi orang-orang terdekat dan memastikan mereka tetap sehat dan aman. Termasuk untuk diri sendiri.

Merokok atau tidak, semua orang harus tahu gejala awal kanker paru-paru sehingga penanganan dapat dilakukan seawal mungkin. Terlebih, kebanyakan gejala awal kanker paru-paru sangat umum dan sering tak terdeteksi karena dianggap biasa.

Apa saja gejala awal kanker paru-paru? Dilansir Boldsky dan ditulis pada Kamis (13/2/2014), inilah yang harus diketahui untuk mengidentifikasi kanker paru-paru:

1. Batuk
Siapa pun bisa terserang batuk, kapan pun dan di mana pun. Biasanya batuk akan mereda setelah beberapa hari berlalu. Namun, jika tak kunjung sembuh selama lebih dari satu minggu dan terjadi flu, mungkin itu adalah pertanda akan kanker paru-paru

2. Sering kehabisan napasSeseorang bisa saja kehabisan napas karena beberapa alasan. Tetapi jika sangat sering terjadi, ada kemungkinan itu merupakan gejala kanker paru-paru. Biasanya gejala itu dialami oleh mereka yang merupakan perokok. Jika terjadi, secepat mungkin berkonsultasilah pada dokter dan jangan buang-buang waktu.

3. Nyeri pada bagian tubuh tertentu
Ada bagian tubuh tertentu yang menjadi nyeri atau pegal-pegal karena terpicu oleh kanker paru-paru. Termasuk di antaranya nyeri dada, bahu, punggung, dan lengan. Itu terjadi karena kanker paru-paru menambah masalah pernapasan dan mengakibatkan tekanan berlebih pada saraf.

4. Kesehatan yang tiba-tiba memburuk
Sering jatuh sakit bisa jadi merupakan salah satu pertanda terjadinya kanker paru-paru jika Anda seorang perokok. Jika Anda sering merokok dan sering lelah, depresi, mengalami nyeri lutut, atau tiba-tiba kehilangan berat badan, Anda harus waspada dan segera berkonsultasi pada dokter.

5. Pneumonia/ Bronkitis
Pada perokok, salah satu gejala awal yang tak biasa dari kanker paru-paru adalah bronkitis. Jika jatuh sakit berulang kali akibat bronkitis atau pneumonia, maka ada kemungkinan bahwa Anda menderita kanker paru-paru.

6. Mengi
Mengi juga dikenal sebagai bersiul saat tidur. Mengi merupakan satu gejala awal kanker paru-paru yang sering disalahartikan sebagai gangguan tidur. Jika mengi tidak dapat diobati dan selalu muncul kembali, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

7. Perubahan suara
Suara dapat berubah menjadi serak dan tidak mengenakkan jika seseorang terkena flu. Namun, perubahan suara juga munngkin merupakan salah satu gejala awal kanker paru-paru. Pasalnya kanker paru-paru bisa memengaruhi kotak suara sehingga menimbulkan perubahan suara. Gejala biasanya terjadi jika kanker paru-paru mulai merembeti saraf

sumber : detik.com