Status Kelud Masih Awas, Sebagian Warga Sudah Kembali ke Rumah - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Status Kelud Masih Awas, Sebagian Warga Sudah Kembali ke Rumah

Evakuasi Gunung Kelud

Meski aktivitas Gunung Kelud menurun, statusnya masih awas. Namun, kondisi ini tak menyurutkan warga untuk kembali rumah.


Kebanyakan warga yang memilih bertahan di rumah karena ingin menjaga harta benda dan ternak yang belum terselamatkan saat Kelud erupsi.

"Ingin lihat rumah, ternak. Takutnya ada yang menjarah. Karena waktu pas meletus ada yang mau jarah," kata salah seorang warga, Teguh, Minggu (16/2/2014).

Warga Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, itu mengatakan kembalin ke rumah juga untuk membersihkan atap dari abu vulkanik. Pembersihan itu dilakukan khawatir hujan datang dan merobohkan rumah.

"Ya, sambil bersih-bersih. Takut roboh kalau hujan. Kemarin sudah ada rumah warga yang roboh, dapurnya habis semua," lanjutnya.

Sementara Camat Ngancar, Ngaseri, mengatakan pihaknya memang menganjurkan para pria dewasa untuk kembali ke rumah siang hari. Gunanya untuk membersihkan rumah dari abu.

"Kita minta itu. Takutnya kalau hujan datang seperti kemarin kan lebih bahaya, bisa ambruk rumah," kata Ngaseri.

Dirinya juga mengakui ada pihak tak bertanggung jawab yang ingin mencuri rumah warga saat erupsi. 2 Lelaki tertangkap basah warga saat akan masuk ke salah satu rumah kosong.

"Iya, lalu ditangkap warga didata, lalu disuruh pulang. Karena itu bukan warga asli sini. Kita lihat kondisi juga lagi bencana jadi lebih baik kita pulangkan," tandasnya.

Sumber: liputan6.com