Menjaga Kesehatan Kulit Tanpa Biaya Sepeser Pun - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Menjaga Kesehatan Kulit Tanpa Biaya Sepeser Pun

facials

Demi menjaga kesehatan kulit, banyak orang yang rela menghamburkan uangnya untuk ke salon, spa atau membeli produk-produk kecantikan berkualitas tinggi. Tentu saja karena kulit merupakan cermin utama penampilan mereka.

Namun sebenarnya menjaga kesehatan dan keindahan kulit tak perlu seperti itu. Ada beberapa cara murah meriah untuk mendapatkan kulit idaman yang bersih nan sehat, seperti halnya dikutip dari Huffingtonpost, Rabu (29/1/2014) berikut ini.

1. Banyak-banyak minum air

Minum banyak air yang jelas dapat memperlancar peredaran darah. Selain itu meski tidak mencegah munculnya keriput, setidaknya menurut spesialis kulit Dr Margaret E. Parsons, "Bila sampai dehidrasi, maka keriput akan jadi terlihat lebih jelas. Hidrasi yang memadai baik bagi kesehatan secara umum, ditambah dengan makan dan minum yang benar maka tubuh kita akan makin sehat, begitu juga dengan kulit kita."

Tapi ingat, jangan banyak minum air untuk sekali teguk. Sebuah studi di tahun 2005 menunjukkan, mereka yang mengonsumsi banyak air kurang dari 15 menit malah lebih sering mengeluarkannya lewat urine. Lebih baik minum sedikit-sedikit saja karena lebih lama bertahan dalam tubuh.

2. Tidur tujuh jam semalam

Selain membuat kulit jadi kusam, sebuah studi yang diselenggarakan brand kosmetik Estee Lauder di tahun 2013 mengungkapkan kurang tidur menyebabkan peningkatan munculnya garis-garis halus di wajah, warna kulit yang tak merata serta penurunan elastisitas kulit. Studi yang sama juga menemukan kulit orang-orang yang kurang tidur juga tampak mengalami dehidrasi dan butuh waktu lebih lama untuk pulih dari sunburn.

3. Kurangi paparan sinar matahari

Sebab paparan sinar matahari berlebihan dapat mengakibatkan sunburn (kulit terbakar), kanker kulit hingga penuaan dini. US Environmental Protection Agency juga mencatat lebih dari 90 persen perubahan kulit yang dapat dilihat disebabkan oleh penuaan akibat paparan sinar matahari.

Bila Anda terpaksa bepergian di siang hari, kenakan topi atau kacamata serta hindari paparan sinar matahari antara jam 10 pagi hingga 2 siang, saat di mana radiasi UV sedang berada pada puncaknya. Jangan lupa juga mengoleskan tabir surya ke kulit tiap hari.

4. Batasi makanan yang mengandung gula

Menurut Dr Nicholas Perricone, ketika seseorang mengonsumsi gula atau makanan berglikemi tinggi, kadar insulinnya otomatis akan naik. Kondisi inilah yang menyebabkan kolagen dan elastin menjadi rusak sehingga memicu timbulnya keriput dan kulit mengendur.

Melalui sebuah proses yang disebut dengan glikasi, gula juga dapat menempel ke kolagen di kulit secara permanen lalu memperparah kondisi kulit seperti jerawat dan rosacea.


5. Tubuh tak langsung dibilas setelah mandi air hangat
Keinginan untuk membasuh badan setelah mandi air hangat tentu sulit untuk dicegah. Berdasarkan keterangan dari American Academy of Dermatology, mereka yang berkulit kering akan mengalami kondisi yang lebih buruk bila langsung membilas minyak alami di kulitnya yang keluar setelah mandi.


Biarkan air di tubuh itu mengering dengan sendirinya.

6. Jerawat jangan dipencet-pencet

Bukannya hilang, memencet jerawat justru akan membuatnya makin parah karena meninggalkan scar atau bekas luka hingga infeksi kulit. Percaya atau tidak, memencet jerawat justru merobek atau merusak kulit sekaligus memudahkan bakteri maupun kotoran masuk ke dalam jerawat.

Bila Anda ingin segera menghilangkan jerawat itu, datanglah ke dokter spesialis kulit dan biarkan dia bekerja dengan peralatan khusus dan steril untuk mengatasinya.

7. Jangan pelit senyum

Sebuah studi di tahun 2011 menemukan tersenyum benar-benar bisa membuat seseorang terlihat lebih muda. Hal ini dibuktikan peneliti ketika meminta sekelompok partisipan membandingkan beberapa foto orang yang sama dalam tiga ekspresi; tersenyum, netral atau cemberut.

Ternyata foto orang yang tersenyum terlihat lebih muda ketimbang foto orang yang sama namun dengan ekspresi netral atau sedih. Jika tidak, lebih baik berpura-puralah tersenyum karena itu lebih menyehatkan bagi kulit daripada tidak tersenyum sama sekali.

sumber : detik.com