Jelang Pemilu, `Sumur Bung Karno` Ramai Didatangi Caleg - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Jelang Pemilu, `Sumur Bung Karno` Ramai Didatangi Caleg

sumur bung karno


Banyak cara dilakukan para calon legislatif untuk meningkatkan rasa percaya diri menjelang pemilihan April mendatang. Salah satunya mendatangi tempat yang diyakini memiliki khasiat, termasuk rumah pengasingan Presiden pertama Indonesia Sukarno di Kota Bengkulu.

Rumah pengasingan Bung Karno di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kota Bengkulu, memiliki sumur pada bagian belakangnya. Sumur itulah yang diyakini sebagian masyarakat memiliki air berkhasiat.

Para calon anggota legislatif mendatangi lokasi tersebut untuk mencuci kaki dan muka agar menambah rasa percaya diri. Cara itu juga diyakini bisa membuka aura, para caleg juga memohon diberi berkah keberhasilan.

"Setiap hari pasti ada caleg yang datang. Baik itu caleg tingkat kabupaten kota, provinsi, pusat, bahkan calon DPD juga datang untuk sekedar cuci kaki dan cuci muka di sumur belakang," ujar petugas jaga rumah Bung Karno, Dicki Saputra, di Bengkulu, Rabu (19/2/2014).

Menurut cerita yang berkembang, kata Dicki, jika seseorang mencuci muka dengan air dari sumur tersebut, akan diberikan berkah dan rasa percaya diri. Tidak hanya kalangan politisi, pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) beberapa waktu lalu para menteri, gubernur, bahkan duta besar yang berkunjung juga melakukan hal yang sama.

"Bung Karno itu seorang negarawan yang berkarisma. Wajar jika orang percaya bahwa sumur yang digunakannya berkhasiat," tutur Dicki.

Dalam masa pengasingan di Bengkulu, Bung Karno tinggal di rumah tersebut pada 1938 hingga 1942. Di rumah ini juga Proklamator Indonesia tersebut bertemu untuk pertama kali dengan istrinya, Fatmawati.

Kisah cinta keduanya tumbuh dan berkembang dalam masa itu dan Bung Karno sang seniman mendirikan sanggar kesenian yang diberi nama Monte Carlo bersama rekan seperjuangannya di Bengkulu.

Melalui sanggar ini, Bung Karno dan Fatmawati menjalin kisah asmara yang banyak dilakoni dalam pementasan drama musikal.

Sumber: liputan6.com