Astaga, Ketinggian Letusan Gunung Kelud 17 Kilometer - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Astaga, Ketinggian Letusan Gunung Kelud 17 Kilometer

Gunung Kelud Meletus


Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengatakan ketinggian letusan material Gunung Kelud malam tadi mencapai 17 kilometer. 

"Ini mengganggu penerbangan," kata Jero, seusai mengikuti rapat kabinet terbatas bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 14 Februari 2014. Menurut dia, pemerintah telah menginventarisasi bandar udara yang mesti diwaspadai akibat abu vulkanik Kelud.

Meski erupsi sudah mereda, pemerintah tetap mengimbau para pengungsi yang menjadi korban letusan Gunung Kelud bertahan di lokasi pengungsian. Jero meminta para pengungsi bersabar untuk kembali ke tempat tinggal masing-masing. 

"Para pengungsi harus bersabar. Jangan buru-buru," katanya. Imbauan ini disampaikan Jero lantaran sudah ada beberapa pengungsi yang ingin kembali ke rumahnya.

"Ikuti arahan dari pusat vulkanologi dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jangan dulu buru-buru mau pulang ke desa," Jero menambahkan. Menurut dia, meski erupsi Gunung Kelud mulai mereda, semua pihak mesti tetap siaga menghadapi bencana letusan ini.

Letusan Gunung Kelud tercatat menimbulkan dampak yang cukup parah bagi kawasan sekitarnya seperti Kabupaten dan Kota Kediri, Blitar, hingga ke arah Kabupaten Malang. Tercatat bencana itu mengakibatkan abu tebal di 35 kelurahan dan 3 kecamatan tertutup abu tebal. Diperkirakan sebanyak 200 ribu jiwa harus mengungsi dari tempat tinggalnya.

BNPB memprediksi hujan abu dari Gunung Kelud akan mengarah ke kawasan barat daya. Selain abu, erupsi itu juga tercatat membawa material berupa pasir dan kerikil ke radius 15 kilometer dari pusat erupsi. PLN memadamkan listrik di daerah sekitar Kelud. Sempat pula beredar kabar bohong yang menyatakan Gunung Kelud akan meletus disertai gempa berkekuatan besar.

Sumber: tempo.co