Yuk, Jaga Kesehatan Telinga dan Cegah Ketulian dengan 5 Cara Ini - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Yuk, Jaga Kesehatan Telinga dan Cegah Ketulian dengan 5 Cara Ini

kesehatan pendengaran

Seberapa sering Anda ke dokter untuk memeriksa telinga? Kesehatan organ yang satu ini memang sering luput diperhatikan, padahal jika nantinya sampai mengalami gangguan pendengaran, Anda akan merasa sulit dalam melakukan komunikasi sehari-hari, lho.

Penelitian jelas menemukan bahwa ada beberapa hal yang dapat menimbulkan gangguan pendengaran. Mulai dari yang bersifat ringan, berat, disebabkan oleh trauma, penyakit, atau karena faktor usia. Apapun alasannya, jaga kesehatan telinga Anda sejak dini dengan 5 cara berikut, seperti dikutip dari News Max Health, Minggu (19/1/2013):

1. Kurangi kebiasaan mendengar suara keras
Suara keras atau di atas 85 desibel sangat merugikan kesehatan telinga. Oleh karena itu, mengurangi kebiasaan mendengarkan musik keras, misalnya volume musik di headphone dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan gendang telinga atau pada sel-sel rambut kecil telinga bagian dalam. Jika memang tuntutan pekerjaan, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan penyumbat telinga.

2. Rutin ke dokter spesialis THT
Apakah telinga Anda rutin diperiksa? Ingat, sebaiknya jangan datang ke dokter spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT) hanya ketika sudah terasa ada gangguan pendengaran. Pemeriksaan telinga secara teratur dapat memantau kondisi sensitivitas pendengaran dan mencegah terjadinya penyakit yang lebih lanjut jika memang ada.

3. Pilih headphone kualitas terbaik
Jika Anda terbiasa lebih suka mendengarkan musik dengan volume yang agak keras, maka pastikan Anda memiliki headphone dengan kualitas suara yang dinamis.

4. Perhatikan pola makan
Diet sehat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga. Hindari konsumsi lemak hewani tak jenuh. Sementara itu, perbanyak konsumsi vitamin dan mineral seperti vitamin A, B1, B2, B3, B12, dan E turut menjaga sistem pendengaran tetap sehat. Sesuai studi penelitian di Australia yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition, rutin mengonsumsi ikan pangkas risiko gangguan pendengaran di usia tua hingga 42 persen.

5. Stop merokok
Sebuah studi menemukan bahwa paparan tembakau menjadi salah satu alasan utama munculnya gangguan pendengaran. Sebisa mungkin hindari dan stop merokok untuk membantu meningkatkan kesehatan pendengaran dan mencegah munculnya gangguan terkait pendengaran di usia lanjut.

sumber : detik.com