Tak Perlu Obat, Depresi Bisa Diusir dengan Cara Sederhana Ini - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Tak Perlu Obat, Depresi Bisa Diusir dengan Cara Sederhana Ini

Depresi

Bermula dari stres, depresi pun bisa terjadi pada siapapun. Jika sudah seperti itu, jika tidak berkonsultasi dengan psikolog maka konsumsi antidepresan pun bisa jadi jalan keluar bagi orang yang mengalami depresi.

Sebaiknya, jangan terburu-buru menenggak antidepresan untuk mengatasi depresi Anda sebab ada beberapa cara alami dan mudah yang bisa dilakukan untuk mengusir depresi, seperti dikutip dari Health.com, Kamis (2/1/2014):

1. Olahraga
Olahraga bisa meredakan depresi dengan mengubah zat kimia dalam otak untuk mengatur mood seseorang yakni norepinefrin dan serotonin. Olahraga juga bisa melepaskan endorfin. Profesor psikiatri di Duke University School of Medicine, P. Murali Doraiswamy, MD, merekomendasikan olahraga tiga sampai lima kali dalam seminggu selama 20-30 menit untuk mencegah depresi. Misalnya dengan jalan cepat atau aerobic.

2. Terapi cahaya
Saat musim hujan datang, orang-orang bisa terkena depresi musiman. Oleh karena itu, untuk mengurangi depresi ini, duduklah di dekat kotak berisi lampu yang kira-kira cahayanya menyerupai dengan cahaya di luar ruangan. Lakukan hal ini sekitar 15 menit sampai dua jam setiap hari. Meski tidak menyembuhkan, setidaknya terapi ini bisa meringankan gejala depresi.

3. Mood diary
Mood diary merujuk pada terapi yang mengajarkan orang untuk berpikir positif guna meringankan depresi. Doraiswamy merekomendasikan orang-orang untuk membuat buku harian suasana hati. Jika sehari-hari terlalu sibuk, ia menganjurkan menulis buku harian seminggu sekali. Dengan begini, pikiran akan selalu positif dan Anda tidak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif.

4. Akupunktur
Mini studi di University of Arizona yang melibatkan 33 wanita dengan depresi menemukan bahwa 64 persen peserta mengalami penurunan depresi setelah mendapat terapi akupunktur. Dalam studi kedua dalam Journal of Affective Disorders, 70 pasien dengan gangguan depresi berat yang sudah mengonsumsi anti-depresan menunjukkan lebih banyak kemajuan setelah melakukan akupuntur ketimbang mereka yang tidak mendapat terapi akupunktur.

5. Dukungan teman
Depresi ringan bisa diobati dengan sering berinteraksi dengan orang lain, terutama komunitas dukungan. Jika Anda tidak tertarik untuk bergabung dengan suatu komunitas, setidaknya Doraiswamy menyarankan Anda untuk berkumpul dengan teman-teman yang seide hingga Anda bisa berbagi pengalaman dan permasalahan.

6. Meditasi dan yoga
Untuk mecegah kambuhnya depresi, meditasi bisa dilakukan. Terdapat penelitian yang mempelajari sekelompok orang dengan depresi lalu perawatannya menggunakan obat antidepresan dan meditasi. Hasilnya, orang yang bermeditasi, kemungkinan kambuhnya sama dengan orang yang mengonsumsi anti-depresan.

Selain meditasi, Anda juga bisa melakukan yoga untuk mengurangi stres, permusuhan, kecemasan, dan pastinya depresi. Selain itu, yoga juga bisa meningkatkan energi serta kualitas tidur seseorang.

sumber : detik.com