Obat Rumahan untuk Mengatasi Keracunan Makanan - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Obat Rumahan untuk Mengatasi Keracunan Makanan

pusing keracunan makanan

Menyantap jajanan di pinggir jalan bisa saja terasa nikmat. Tapi, ketika besoknya perut mual, diare, dan muntah, itulah tanda bahwa Anda sudah keracunan makanan. Bisa karena sajiannya yang kurang higienis atau memang kondisi imun tubuh sedang tidak fit.

Meski begitu, jangan panik sehingga harus buru-buru pergi ke dokter karena ada beberapa obat alami di rumah yang bisa digunakan untuk mengatasi keracunan makanan, seperti dilansir Boldsky, Rabu (15/1/2014) berikut ini:

1. Teh
Infeksi perut bisa disembuhkan salah satunya dengan teh. Seduh teh peppermint atau jika sulit mendapatkannya, cukup seduh teh hangat dan tambahkan beberapa tetes sari kemangi serta madu.

2. Air jahe
Campurkan air jahe dengan satu sendok makan madu untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri di perut. Racikan air jahe seperti ini adalah salah satu obat rumah yang mudah didapat untuk mengatasi keracunan makanan.

3. Parutan kulit delima
Ini adalah salah satu obat rumahan yang bisa menyembuhkan muntah yang diakibatkan keracunan makanan. Kulit buah delima sangat baik untuk obat.

4. Gula cokelat
Bila Anda mengalami keracunan makanan, terus menerus muntah dan sakit perut maka tubuh bisa menjadi lemah. Untuk antisipiasi, seduh air secukupnya dengan empat sendok teh gula cokelat supaya Anda bisa memperbaharui.

5. Jus lidah buaya
Untuk mengatasi keracunan makanan, konsumsilah jus lidah biaya tiga kali sehari masing-masing sebanyak 60 mg.

6. YogurtIni adalah obat rumahan yang populer untuk mengatasi keracunan makanan, terutama jika Anda muntah berlebihan. Sebab, mikroorganisme dalam yogurt bisa membantu menyembuhkan muntah dan sakit perut.

7. Lemon
Sifat asam pada lemon bisa jadi obat yang efektif untuk keracunan makanan. Minumlah tiga sampai empat gelas jus lemon untuk mengobati keracunan makanan danj angan lupa tambahkan garam dalam jus lemon, bukan gula, supaya manfaatnya bisa lebih efektif.

8. Pisang
Hancurkan pisang dengan apel untuk membuat banana shake. Pisang yang kaya kalium dan apel yang kaya akan enzim bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Sehingga, perpaduan dua buah itu bisa mengurangi sakit perut dan diare serta membantu pemulihan tubuh setelah keracunan makanan.

9. Air
Tidak ada obat yang lebih baik daripada minum banyak air putih. Sehingga, saat tubuh keracunan makanan Anda harus menjaga diri tetap terhidrasi. Pastikan Anda minum banyak air. Sebab, minum air juga bisa membantu menyembuhkan muntah, membuat perut mulas sehingga racun dan bakteri cepat dikeluarkan dari tubuh.

sumber : detik.com