Bebas Pegal dan Tetap Langsing Meski Seharian di Depan Komputer - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bebas Pegal dan Tetap Langsing Meski Seharian di Depan Komputer

latihan peregangan di kantor

Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak. Namun gaya hidup dan tuntutan pekerjaan kerap menyandera fisik untuk duduk seharian menatap layar komputer. Bila tidak disiasati, ancaman pegal-pegal dan kegemukan pasti membayangi.

Sebagai mantan atlet yang pernah meraih perak di olimpiade Sydney 2000, Samantha Clayton prihatin dengan gaya hidup manusia moderen yang kurang gerak. Perempuan yang kini menjabat sebagai Worldwide Director for Fitness Education Herbalife itu pun berbagi tips.

"Lakukan gerakan ini 10 menit setiap hari, atau cukup 5 menit. Bahkan 1 menit pun lebih baik daripada 0 menit," pesan Samantha saat ditemui dalam temu media di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2014).

Gerakan-gerakan yang disarankan Samantha untuk dilakukan di belakang komputer atau meja kerja adalah sebagai berikut:

1. Perbaiki postur
Menurut Samantha, bekerja di depan komputer membuat postur tubuh cenderung membungkuk. Postur seperti itu memicu pegal-pegal, kaku dan keluhan lainnya. Postur yang baik adalah punggung tegak, bahu sedikit ditarik ke belakang sehingga dada membusung.

"Saya tahu ini bukan yang Anda lakukan sehari-hari. Biasanya begini kan?" sindir Samantha sambil membungkuk, memperagakan postur yang salah.

2. Peregangan bahu
Dengan postur yang baik sesuai yang dianjurkan oleh Samantha, letakkan kedua tangan di belakang kepala. Bawa kedua siku ke depan, tahan lalu tarik kembali ke belakang. Lakukan beberapa kali pengulangan untuk meredakan pegal-pegal di bahu, punggung, leher dan sekitar dada.

"Aliran darah akan lebih lancar sehingga tidak terasa kaku-kaku," jelas Samantha.

3. Perkuat otot bahu
Gerakan menjangkau ke atas berguna untuk memperkuat otot bahu dan sekitarnya. Bergantian antara tangan kiri dan kanan, lengan diluruskan setinggi-tingginya seperti hendak memetik buah dari pohonnya.

4. Merampingkan perut
Siapa bilang duduk seharian lantas harus gemuk? Samantha memberikan tips untuk melatih otot perut tanpa harus meninggalkan meja kerja. Dengan tetap mempertahankan postur tubuh yang baik, cukup angkat satu kaki dan tahan beberapa saat. Turunkan, ganti dengan kaki yang lain. Bisa juga divariasikan dengan gerakan tangan.

5. Banyak bergerak, otak pun bekerja lebih cepat
Banyak manfaat dengan selalu bergerak. Menurut Samantha, aktivitas fisik mengaktifkan endorphin atau hormon rasa senang sehingga meredakan stres. Efeknya bisa dirasakan ke otak, salah satunya bisa bekerja dengan lebih cepat.

sumber : detik.com