Instagram Kalahkan Facebook dan Twitter - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Instagram Kalahkan Facebook dan Twitter

Facebook Instagram

Aplikasi foto Instagram dianggap menjadi aplikasi terbaik mengalahkan media sosial populer lainnya, seperti Facebook, Twitter, dan Google+. Penilaian itu berdasarkan studi yang dilakukan terhadap para penggemar keempat aplikasi tersebut.


"Dengan adanya peningkatan penggemar dan pengikut yang jumlahnya mencapai tiga kali lipat dibandingkan aplikasi lainnya, Instagram jelas menjadi pemenang pada tahun 2013," ujar Chief Executive Officer SumAll, lembaga yang melakukan studi ini, Dan Atkinson, kepada situs Venture Beat, Jumat, 6 Desember 2013.

Atkinson mengatakan, Instagram berhasil menarik minat orang karena kemampuannya menciptakan brand awareness. "Mereka tidak menjual barang, melainkan menyediakan produk visual," ucapnya.

Sebelumnya, SumAll sudah melakukan analisis terhadap 100 ribu model bisnis media sosial yang melibatkan 290 miliar mitra per tahunnya. Lembaga ini pun membandingkan bisnis yang dilakukan Instagram dibandingkan pengembang lainnya.

Mereka menyebutkan, Instagram memperoleh pemasukan yang signifikan sepanjang tahun 2013. Pertumbuhan jumlah penggunanya rata-rata naik 7 persen setiap tahun.

Ahli pemasaran media sosial yang juga CEO Instabrand, Eric Dahan, menyetujui hasil penelitian tersebut. Instabrand adalah organisasi yang berfokus di bidang media visual. "Kini Instagram menjadi yang teratas, sementara Vine, Tumblr, dan Pinterest posisinya masih sejajar," kata dia.

Dahan mengatakan, kesuksesan Instagram didukung oleh layanan yang bersifat personal. "Sementara merek lain berlomba-lomba mengontrak selebritas, Instagram memiliki strategi berbeda."

Ia pun membandingkannya dengan Twitter dan Facebook. "Basis utama Twitter adalah tulisan, ini belum bisa membentuk merek yang kuat," kata Dahan. Adapun Facebook, menurut dia, juga dianggap tidak mampu mengalahkan Instagram.

Saat ini Instagram menjadi aplikasi foto terpopuler di dunia. Aplikasi yang diluncurkan pada 2010 ini menjadi favorit para pengguna perangkat bergerak berbasis iOS dan Android. 

Belakangan, tepatnya pertengahan November lalu, Instagram hadir pada perangkat berplatform Windows Phone. Kini jumlah akun Instagram yang terdaftar di seluruh dunia mencapai 150 juta.

Sumber: tempo.co