Tak Mau Pola Tidur Terganggu? Ini Batas Termalam untuk Minum Kopi - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Tak Mau Pola Tidur Terganggu? Ini Batas Termalam untuk Minum Kopi

Free Web Proxy

Minum kopi sesaat menjelang tidur sudah pasti akan sangat mengganggu pola tidur. Bahkan minum kopi di sore hari pun bisa melenyapkan rasa kantuk alami. Lalu jam berapa batas minum kopi yang dianjurkan?


Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kafein bisa mengganggu pola tidur, bahkan hungga 6 jam sebelumnya. Itu berarti, sore hari pun tidak dianjurkan untuk minum kopi bila tidak berencana untuk begadang.

Dalam penelitian tersebut, takaran yang dipakai adalah 400 mg kafein atau sekitar 2-3 cangkir kopi. Kalaupun bisa tidur, konsumsi kopi sebanyak itu dalam kurun 6 jam sebelumnya bisa mengurangi kualitas tidur. Kuantitasnya pun berkurang karena akan sering terjaga atau bangun lebih awal.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, yang dipublikasikan oleh American Academy of Sleep Medicine.

"Orang cenderung tidak menyadari gangguan tidur akibat efek kafein bila meminumnya pada sore hari," kata sanga peneliti, Dr Christipher Drake dari Sleep Research Society seperti dikutip dari Health24, Senin (18/11/2013).

Dr Drake dalam penelitian itu melibatkan 12 orang dewasa sehat, dilihat dari hasil pemeriksaan maupun wawancara.

Seluruh partisipan diminta untuk menjalankan pola tidur normalnya. Masing-masing diberi 3 pil sehari, untuk diminum puluk 6 pagi, 3 sore, dan sesaat sebelum tidur. Salah satu dari 3 pil itu berisi kafein, sedangkan sisanya hanya plasebo aias obat kosong.

Pada salah satu hari yang tidak diberitahukan pada partisipan, ketiga pil yang diminum seluruhnya adalah plasebo. Kemudian Dr Drake dan timnya mengamati pola tidurnya menggunakan sleep monitor.

Menurut Dr Drake, saran yang diberikan dari hasil penelitian ini adalah, hindari kopi setelah pukul 5 sore agar pola tidur tetap terjaga.

sumber : detik.com