Konsumsi Kacang Mampu Cegah Munculnya Kanker Pankreas - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Konsumsi Kacang Mampu Cegah Munculnya Kanker Pankreas


Jangan ragu lagi untuk memilih kacang-kacangan sebagai menu camilan sehat Anda. Sebuah studi terbaru mengungkapkan manfaat lain dari mengonsumsi kacang, yaitu mengurangi munculnya risiko penyakit kanker pankreas.

Para peneliti dari Harvard University melaporkan bahwa konsumsi kacang seperti almond, kacang mete, dan kacang-kacangan lainnya sangat berpengaruh dalam mengurangi risiko Anda terkena kanker pankreas. Penelitian yang dipublikasikan secara online di British Journal of Cancer ini meneliti hubungan antara konsumsi kacang dan risiko kanker pankreas pada 75.680 responden wanita.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi satu ons kacang, termasuk almond, kacang Brasil, kacang mete, hazelnut, macadamia, pecan, kacang pinus, pistachio, dan walnut, setidaknya dua kali seminggu jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker pankreas dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

"Penurunan risiko ini belum terkait beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi seperti usia, tinggi badan, obesitas, aktivitas fisik, merokok, dan diabetes," kata pemimpin peneliti tersebut, Ying Bao, MD, dari Brigham and Women's Hospital and Harvard Medical School, seperti dikutip dari News Max Health, Senin (11/11/2013).

Tak hanya itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa wanita yang memasukkan kacang-kacangan dalam menu diet mereka cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan wanita yang enggan mengonsumsinya.

Kacang yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral, dan fitokimia, pada studi sebelumnya pernah disebutkan juga memiliki hubungan erat dengan fungsi mental yang lebih baik dan menurunkan risiko untuk mengidap diabetes.

sumber : detik.com