Tak Hanya Kurang Tidur, Lingkar Hitam di Bawah Mata Juga Pertanda Penyakit - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Tak Hanya Kurang Tidur, Lingkar Hitam di Bawah Mata Juga Pertanda Penyakit


Banyak orang mengira lingkar hitam di bawah mata terlihat hanya ketika seseorang kurang tidur. Namun nyatanya ada beberapa faktor lain yang menyebabkan munculnya kondisi tersebut. Penting juga untuk Anda ketahui bahwa lingkar hitam di bawah mata dapat muncul akibat penyakit tertentu.



Dilansir Times of India, Kamis (17/10/2013), Dr Satish Mehta, dokter spesialis mata dari Moolchand Eye Clinic mengungkapkan proses munculnya lingkaran hitam. Ia menyebutkan bahwa manusia memiliki pembuluh darah kecil seperti jaring laba-laba di bawah kulit, kapiler ini sangat halus sehingga sel darah harus antre untuk melewatinya dan dalam beberapa proses sebagian dari mereka bocor.

Untuk mengatasi kebocoran tersebut, enzim-enzim diciptakan dan membuat sel darah merah menghitam. Tipisnya kulit di sekitar mata membuat lingkar hitam lebih mudah terlihat di area tersebut.

Beberapa penyebab lain munculnya lingkar hitam pada mata antara lain penuaan (menipisnya kulit di sekitar mata membuat pembuluh darah lebih menonjol); genetika; kurang gizi (misalnya kekurangan vitamin A, C, K, E dan nutrisi lain); kurang tidur; merokok dan minum alkohol; terlalu banyak terpapar sinar matahari (paparan sinar matahari menarik pigmentasi permukaan kulit dan menciptakan lingkaran hitam; dan alergi (setiap kondisi yang menyebabkan mata gatal dapat menyebabkan lingkaran gelap akibat menggosok atau menggaruk kulit di sekitarnya).

Penelitian juga menunjukkan bahwa lingkaran hitam di sekitar mata dapat terjadi akibat:

1. Lingkaran hitam dan anemia
Kurangnya zat besi juga membuat oksigenasi jaringan tubuh berkurang akibat rendahnya pasokan darah beroksigen. Oleh sebab itu, selalu penuhi asupan makanan yang kaya akan zat besi seperti sayuran berdaun hijau, produk susu, dan semua jenis buah-buahan untuk menjaga tubuh Anda sehat.

2. Lingkaran hitam dan dehidrasi
Dehidrasi adalah salah satu alasan paling umum penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh tidak memiliki asupan air yang cukup, gejalanya akan sering terlihat di area tertentu. Disarankan untuk minum setidaknya 8-10 gelas air dan konsumsi buah segar setiap hari. Dianjurkan juga untuk membatasi asupan teh, kopi, alkohol, dan minuman berkafein lainnya karena memperburuk dehidrasi.

3. Lingkaran hitam dan penyakit hati
Lingkaran hitam juga bisa muncul sebagai akibat dari disfungsi karena berbagai penyakit hati, misalnya hepatitis.

sumber : detik.com