Sakit Tak Kunjung Sembuh? Kecoa Goreng Diklaim Manjur untuk Obat - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Sakit Tak Kunjung Sembuh? Kecoa Goreng Diklaim Manjur untuk Obat


Dikenal sebagai binatang kotor, kecoa bisa membuat orang sakit perut hanya dengan membayangkan serangga ini dimasak lalu dimakan. Namun di China, kecoa goreng justru diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit.



Wang Fuming (43), seorang peternak kecoa di Provinsi Shandong mengatakan bahwa kecoa harus digoreng sebanyak 2 kali untuk bisa dijadikan obat. Selain lezat, kecoa yang dimasak dengan cara ini diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

"Kecoa bisa menyembuhkan beberapa keluhan penyakit dan mereka bekerja lebih cepat dibandingkan obat lainnya," kata Wang yang mengaku beternak 10 juta ekor kecoa, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (25/10/2013).


Selain dimasak lalu dimakan sebagai obat alami, kecoa dari peternakan Wang kabarnya juga dipasok ke perusahaan obat. Binatang yang bagi kebanyakan orang tampak menjijikkan ini dianggap sebagai sumber protein murah, namun punya manfaat kesehatan yang tinggi.

Jenis kecoa yang paling laku menurut Wang adalah Periplaneta Americana, atau lebih dikenal dengan istilah Kecoa Amerika. Ciri yang bisa dikenali dari jenis kecoa yang satu ini adalah warnanya yang merah kecoklatan, dan panjangnya yang bisa mencapai 4 cm.

Bisnis kecoa cukup menggiurkan, setidaknya berdasarkan pengalaman Wang. Dalam setahun, paling sedkit Wang bisa meraup untung 30.000 pounsterling, dan bila beruntung bahkan bisa mencapai 90.000 ponsterling. Bukan Wang yang menentukan harga, melainkan perusahaan obat yang memesannya.

Terkait kandungan proteinnya, kecoa tidak berbeda dengan serangga lainnya yang memang mengandung asam amino dalam kadar tinggi. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) pun merekomendasikan serangga sebagai sumber pangan untuk negara ketiga yang mengalami kesulitan pangan.

sumber : detik.com