Pengobatan Rumahan yang Bisa Usir Jerawat di Hidung - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Pengobatan Rumahan yang Bisa Usir Jerawat di Hidung



Jerawat tidak hanya mengganggu penampilan tapi terkadang juga menyakitkan karena pembengkakan yang ditimbulkan. Jerawat pun bisa muncul tanpa permisi di manapun seperti pipi, dada, punggung, maupun dahi. Yang tak kalah mengesalkan adalah bila jerawat muncul di hidung sehingga membuang hidung tampak besar dan merah.

Jerawat adalah pembentukan sel kulit mati yang menghalangi pori-pori. Banyaknya jerawat yang terjadi di hidung karena hidung adalah gudang sel kulit mati. Daripada terlalu lama merasa tidak percaya diri dan terganggu akibat munculnya jerawat di hidung, coba terapkan pengobatan rumahan ini untuk mengusirnya.

Dikutip dari Boldsky, Jumat (27/9/2013) ini dia cara alami yang ampuh usir jerawat di hidung:

1. Uap
Anda bisa menggunakan uap dari air hangat yang diarahkan ke wajah Anda selama 20 sampai 30 menit. Langkah ini bisa membuka pori-pori kulit yang tertutup sekaligus menghilangkan kelebihan minyak pada kulit.

2. Scrub gandum
Campurlah serpihan gandum dan madu lalu gosokkan pada hidung dua kali sehari selama dua minggu. Kemudian kurangi frekuensinya menjadi satu kali sehari. Ramuan ini adalah salah satu pengobatan rumahan yang terbaik untuk menghilangkan jerawat di hidung.

3. Minyak pohon teh
Ini adalah salah satu pengobatan rumah untuk mengatasi jerawat di hidung dan bagian tubuh lainnya. Pijat hidung dengan minyak ini dan biarkan selama sepuluh menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Es
Jerawat yang sudah 'matang' atau yang baru muncul dan berwarna kemerahan bisa mengakibatkan peradangan dan nyeri. Bungkuslah es batu dengan sapu tangan katun, lalu tempelkan sambil pijat bagian yang terdapat jerawat. Ini akan mengurangi efek jerawat pada kulit.

5. Gel lidah buaya
Memijat hidung dengan gel lidah buaya adalah obat rumahan yang bisa bekerja dengan baik untuk sembuhkan jerawat di hidung. Selain itu, gel lidah buaya juga bisa mengurangi bekas jerawat dan membuat kulit lebih bersinar secara alami.

6. Cuka sari apel
Celupkan bola kapas dalam cuka sari apel dan gunakan untuk menyeka kulit hidung. Jika kulit Anda sensitif, pastikan bahwa Anda tidak alergi dengan asam sebelum mencoba obat rumahan ini.

7. Lemon
Lemon merupakan salah satu produk perawatan kulit terbaik yang bisa mengobati jerawat dengan efektif. Lemon mengandung asam dan antioksidan yang bisa membersihkan kulit dan juga menjadi obat jerawat.

Selain menggunakan bahan alami tersebut, hal lain yang harus diperhatikan untuk usir jerawat di hidung yaitu jangan menyentuh jerawat dengan tangan karena ini akan meningkatkan penyebaran bakteri. Lebih baik, seka jerawat dengan tisu atau kapas.

Lalu, biasakan mencuci muka empat sampai lima kali dalam sehari. Sebabmencuci muka bisa menghilangkan sel kulit mati, debu, dan minyak berlebih yang menghalangi pori-pori kulit. Khusus untuk hidung yang lebih berminyak, basuhlah dengan air dingin.

Terakhir, jika Anda tak ingin jerawat bertambah atau meninggalkan bekas luka, jangan memencetnya. Perlu diingat jerawat lama-kelamaan akan berkurang pada waktunya.

sumber : detik.com