Hindari Kanker dengan Melakukan 10 Hal Ini di Keseharian Anda - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Hindari Kanker dengan Melakukan 10 Hal Ini di Keseharian Anda


Salah satu jenis kanker yakni kanker payudara kini tak hanya terjadi pada wanita saja, tapi juga pria. Bahkan, orang-orang yang usianya relatif muda pun berisiko terkena kanker payudara. Pada dasarnya, semua jenis kanker termasuk kanker payudara bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat terutama menjaga asupan gizi dan rutin berolahraga.

“Hindari itu junkfood jangan cuma melihat mudahnya saja. Selain itu jangan pernah malas berolahraga, ayo kita gerak, gerak, dan gerak. Tidak harus nge-gym, olahraga di rumah juga bagus kok, asal rutin dan tubuh kita terus bergerak,” tutur Bambang Purwanto, humas Yayasan Kanker Payudara Jakarta (YKPJ).

Keterangan itu ia sampaikan selepas acara Press Conference Reebok Pink Ribbon Fun Walk 2013 di CityWalk Sudirman, Jl KH. Mas Mansyur, Jakarta Pusat, seperti ditulis Jumat (4/10/2013).

Untuk menghindari kanker, tak ada salahnya jika Anda mulai memasukkan sepuluh hal ini dalam keseharian Anda:

1. Berhenti merokok
Merokok adalah penyebab utama terjadinya kanker paru yang berhubungan dengan hampir 30 persen jenis kanker lainnya. Menghisap sigaret, cerutu, atau rokok pipa bisa membuat orang di sekitar terpapar asap rokok dan mengakibatkan penyakit saluran pernapasan.

2. Hindari sinar matahari
Dalam artian jangan biarkan kulit Anda terpapar sinar matahari terlalu banyak. Lebih baik gunakan krim tabir surya, payung, topi, atau baju lengan panjang terutama saat matahari sedang terik-teriknya. Sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan kulit dan kanker kulit.

3. Kurangi lemak
Mengonsumsi makanan tinggi lemak sudah pasti mengakibatkan bertambahnya berat badan dan kegemukan. Dua hal ini berhubungan dengan kanker di kandungan, empedu, payudara, dan kolon.

4. Perbanyak serat
Gandum, beras, sayur, dan buah merupakan sumber serat alami yang baik untuk tubuh dan melindungi Anda dari kanker usus besar. Makanan berserat yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari misalnya roti gandum, dedak, jagung, beras, bayam, kentang, apel, pir, dan tomat.

5. Kurangi konsumsi makanan yang dibakar
Proses memasak dengan diasap atau dibakar dapat menambah jumlah zat yang bisa meningkatkan risiko kanker. Di negara yang penduduknya banyak mengonsumsi makanan yang diproses dengan pengasapan atau diawetkan dengan nitrit, lebih banyak ditemukan kasus kanker oesofagus dan lambung.

6. Pilih makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C
Vitamin alami dan zat penting lain dalam sayur dan buah bisa melindungi tubuh dari kanker oesofagus, laring, lambung, dan paru-paru. Vitamin A dan C bisa didapat misalnya dari wortel, pisang, jeruk, mangga, pepaya, tomat, brokoli, dan jenis buah-buahan tropis.

7. Konsumsi lebih banyak sayuran golongan kubis
Penelitian menunjukkan bahwa sayuran yang termasuk dalam golongan kubis seperti kol, brokoli, kembang kol, bok choy, dan kale bisa melindungi tubuh dari kanker lambung, kolorektal, dan saluran napas.

8. Hindari minuman beralkohol
Risiko kanker hati dan lambung bisa meningkat jika Anda kerap menenggak minuman beralkohol. Apalagi, minum alkohol disertai merokok bisa meningkatkan risiko tinggi terjadinya kanker mulut, tenggorokan, laring, dan oesofagus.

9. Periksakan diri secara teratur
Penting memeriksakan kondisi kesehatan Anda secara rutin untuk mendapatkan deteksi dini. Pap smear, mammografi, atau periksa payudara sendiri adalah cara yang sangat dianjurkan untuk mendeteksi kanker leher rahim atau payudara secara dini.

Pria dianjurkan untuk memeriksakan diri terhadap kemungkinan kanker prostat dan testis. Selain itu, perhatikan setiap perubahan pada diri Anda misalnya ada benjolan pada tubuh, suara jadi serak, dan terjadi pendarahan tidak normal.

10. Pola hidup seimbang
Selain makan yang cukup dengan gizi seimbang, perhatikan pula keseimbangan waktu Anda untuk berolahraga, istirahat, bekerja, dan berekreasi.

sumber : detik.com