Harta Ratu Atut Rp 41,9 M: Ada 43 Tanah dan 15 Unit Mobil - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Harta Ratu Atut Rp 41,9 M: Ada 43 Tanah dan 15 Unit Mobil


KPK mencegah Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah untuk bepergian ke luar negeri. Kebijakan ini dikeluarkan KPK menyusul penangkapan sang adik, yakni Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan--tersangka kasus suap Pilkada Lebak, Banten.


Sang adik yang beristrikan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diany kini meringkuk di Rutan KPK. Dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Airin memiliki harta yang cukup fantastis. Harta Airin pada 24 Agustus 2010 mencapai Rp 103,9 miliar. Dari jumlah harta yang dilaporkan itu, sebagian besar merupakan harta tidak bergerak yakni mencapai Rp 59,8 miliar.

Lalu, bagaimana dengan rincian harta sang kakak ipar, Ratu Atut? Politisi Golkar itu melaporkan harta kekayaannya terakhir kali pada 6 Oktober 2006 lalu. Total hartanya 'hanya' Rp 41,9 miliar. Jumlah ini jauh di bawah sang adik ipar, Airin yang lebih 2 kali lipatnya.

Dari total harta Rp 41,9 miliar itu, total harta tidak bergerak seperti tanah dan bangunan yang dimiliki Ratu Atut mencapai Rp 19,1 miliar. Jumlah ini juga masih 'kalah' dengan Airin.

Ratu Atut tercatat memiliki 43 item bidang tanah dan bangunan. Harga tanah termurah yang dimiliki berada di Serang seluas 306 meter persegi seharga Rp 1,5 juta. Sementara, harga tanah dan bangunan termahal berada di Serang dengan luas 12.806 dan 500 meter persegi. Harganya Rp 2,5 miliar.

Sementara, nilai harta alat transportasi pada 2006 mencapai Rp 3,9 miliar. Ratu Atut tercatat memiliki 15 unit mobil. Dari jumlah itu, harga mobil termurah yakni Daihatsu Taft tahun pembuatan 1982 seharga Rp 18 juta. Sementara, mobil termahal yakni Lexus seharga Rp 1,1 miliar.

Adik Ratu Atut, Tubagus Chaery Wardana alias Wawan telah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberikan uang sebesar Rp 1 miliar melalui pengacara yang dekat dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, yakni Susi Tur Andayani. Wawan juga adalah suami dari Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Sumber: liputan6.com