Meski Pidato Berbahasa Inggris, Aksen Jokowi Tetap Jawa - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Meski Pidato Berbahasa Inggris, Aksen Jokowi Tetap Jawa


Para gubernur-walikota dari negara-negara anggota ASEAN ada di hadapan Jokowi. Ada 110 orang delegasi dari 10 ibukota negara anggota ASEAN. Jokowi pun berpidato dalam bahasa Inggris. Pertama kalinya!


Meski demikian Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo ini memulainya dengan mengucapkan salam dalam bahasa Arab.

"Assalamuaikum warahmatullahi wabarakatuh," ucap Jokowi dalam acara Meeting of The Governors/Mayors of The Capitals of ASEAN di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2013)

"Yang terhormat Bapak Wakil Menteri Luar Negeri, Excellencies Ambassador, Colleagues and delegates from the Capitals of ASEAN, Colleagues from Local Government Association in ASEAN, Yang Terhormat Bapak Dirjen Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Yang Terhormat Bapak Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Hadirin yang saya hormati," urai Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam, kemeja putih, dan dasi merah ini menyampaikan pidato bahasa Inggris dengan membaca teks. Tempo membacanya lambat, kata per kata diucapkan dengan hati-hati. Meski menggunakan bahasa Inggris, tetap saja logat Jawanya yang kental tidak pernah hilang.

"A very warm welcome here in the JW Marriott Hotel in Jakarta. It is a great pleasure and honor for me personally and also for the citizens of Jakarta to be your host for the next two days," ujar Joko Widodo saat membuka Meeting of The Governors/Mayors of The Capitals of ASEAN di Hotel JW Marriot, Rabu (18/9/2013).


Beberapa kali Jokowi terdengar mengulang kata-kata dalam pidatonya. Hanya sesekali Jokowi melihat hadirin, lalu dengan seksama kembali melihat teks pidatonya.

"We need to be a... to better understand what is about to come and how we can prepare the people in our cities and ourselves for the ASEAN Economic Community. (Kita perlu memahami lebih baik apa yang akan datang dan bagaimana kita dapat menyiapkan masyarakat di kota kita dan kita sendiri untuk ASEAN Economic Community)," ucap Jokowi.

Dalam acara ini, Joko Widodo menjelaskan mengenai latar belakang mengapa dirinya menginisiasi pertemuan 10 Gubernur yang negaranya tergabung dalam ASEAN.

"ASEAN Economic Community di ASEAN harus siap menghadapi arus bebas masuknya barang, pelayanan dan investasi di setiap Ibukota masing-masing," ucap Jokowi dalam bahasa inggris.

Pria bertubuh kurus ini terlihat agak grogi, tegang, dan serius. Tidak seperti biasanya luwes dan penuh dengan senyum, bahkan membanyol dan penuh gurauan sehingga suasana cair.

"Thank you," ujar Jokowi mengakhiri pidato bahasa Inggris perdananya. Standing applause hadirin bergemuruh. Jokowi turun dari podium dan kembali ke tempat duduknya, menyalami Gubernur Bangkok Sukhumband Paribatra yang duduk di sebelah kirinya.

Jokowi terlihat masih sulit tersenyum... 

Acara pertemuan yang dihadiri juga oleh delegasi setiap ibukota  negara anggota ASEAN sebanyak 110 peserta ini akan dilangsungkan selama dua hari kedepan.