Mengapa Menguap dan Tertawa Bisa Menular? - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Mengapa Menguap dan Tertawa Bisa Menular?


Coba perhatikan, jika ada teman yang tertawa atau menguap, biasanya Anda juga akan melakukan aktivitas yang sama. Nah, mengapa tertawa dan menguap bisa menular?

Seorang profesor dari Manchaster Met University, Profesor Chirs Smith, menjawab pertanyaan tersebut, dan pertanyaan lain yang kerap masih jadi tanda tangan, seperti dikutip dari Mirror, Rabu (4/9/2013).

1. Kenapa Menguap Bisa Menular?

Menguap adalah hasil dari peningkatan tingkat karbondioksida di dalam paru-paru, sering terjadi sebagai akibat dari tingkat pernapasan yang lebih rendah ketika tubuh rileks. Jika sebuah kelompok direlaksasi bersama-sama, kemungkinan mereka semua akan mencapai tingkat CO2 yang sama lebih tinggi pada waktu yang bersamaan. Itu makanya menguap seolah menular.


2. Kenapa Tertawa Menular?

Tidak hanya menguap, terkadang tawa juga menular. Lalu mengapa? Para peneliti di University College telah menemukan jawabannya. Suara tawa mengaktifkan daerah premotor kortikal, bagian dari otak yang memerintahkan otot wajah untuk bereaksi terhadap suara dan ini yang membuat seseorang tersenyum dan bahkan tertawa.

3. Kenapa Rambut Bisa Memutih?

Warna rambut adalah hasil dari sekresi pigmen yang secara bertahap gagal karena lanjut usia. Rambut secara natural tanpa pigmen, jadi tampak memutih. Memutihnya rambut juga terjadi karena genetik.

4. Bisakah Seseorang Bertahan Dalam Lift yang Jatuh?

Pernahkah Anda membayangkan ada lift yang rusak dan terjatuh, dan pernahkah Anda bertanya apakah jika kita melompat seperti menyentuh tanah maka akan selamat? Ketahuilah bahwa jawabannya adalah tidak. Kita jatuh pada kecepatan yang sama seperti lift dan melompat hanya sedikit memperlambat tingkat kejatuhan.

5. Kenapa Warna Merah Pada Malam Hari Berarti Cuaca Bagus Keesokan Hari?

Juru bicara untuk Met Office menjelaskan bahwa ketika awan tinggi (yang sering mengindikaasikan hujan) ditambah dengan matahari pada sudut yang rendah, langit akan lebih mungkin berwarna merah. Jadi, langit yang berwarna merah di saat malam bisa berarti bahwa awan tinggi mengindikasikan hujan di kala malam, dan cerah di esok hari.

sumber : detik.com