Ini Dia Cara Atasi Jerawat Tanpa Membekas - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Ini Dia Cara Atasi Jerawat Tanpa Membekas

Acne Treatment

Jerawat memang mengesalkan sebab bisa membuat penampilan terganggu. Alhasil banyak orang ingin segera mengenyahkan jerawat di wajah dengan cara memencetnya. Padahal sembarangan memencet jerawat bisa menimbulkan bekas.

"Sebaiknya jerawat tidak dipencet karena dapat meninggalkan scar," saran dokter spesialis kulit dan kelamin dari RSCM, dr Eddy Karta, SpKK, dalam perbincangan pada Rabu (11/9/2013).

Nah, jika jerawat yang bernanah pecah, maka sebaiknya dikeluarkan dengan cara memijat lembut. Selanjutnya diobati dengan antiseptik oles. "Cara terbaik tentunya dengan pencegahan sumbatan komedo tersebut," sambung dr Eddy.

Sementara menurut dr Gloria Novelita, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin yang praktik di Klinik BeYouTiful, jerawat ada yang meradang dan ada yang tidak. "Yang meradang biasanya lebih kemerahan, besar dan agak nyeri saat ditekan. Jerawat tak meradang sebagian besar tidak meninggalkan bekas," terangnya.

dr Gloria memberikan tips beberapa hal umum yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat agar tak berbekas, sebagai berikut:

  1. Menggunakan produk sabun atau bedak yang berbahan dasar sulfur
  2. Menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil (komponen yang bisa meredakan jerawat)
  3. Mengurangi makanan pedas, berkalori tinggi, atau berminyak karena bisa memicu peningkatan produksi minyak
  4. Cuci muka secara teratur
  5. Hindari penggunaan scrub, karena scrub hanya membuang sel kulit mati paling atas dan justru membuat radang di jerawat semakin parah.
(detik.com)