Batuk Pilek? Redakan Gejala Flu dengan Minuman Enak Ini! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Batuk Pilek? Redakan Gejala Flu dengan Minuman Enak Ini!



Selalu mencuci tangan dengan baik dan benar, serta menjauhi orang yang sedang flu rupanya tak menjamin kita tak tertular. Bisa jadi kita mengalami batuk, sakit tenggorokan, pilek, bersin, dan demam.

Secara umum, cairan panas bisa membuang sekresi. Semua cairanpun baik dikonsumsi karena dehidrasi akibat flu membuat kita tak enak badan. Namun, sebaiknya pilihlah ramuan yang tepat seperti disarankan The Daily Meal (23/09/13) berikut untuk meredakan gejala flu yang Anda alami:

1. Air putih
Air adalah minuman nomor satu yang disarankan dokter untuk menyembuhkan flu. Hidrasi secara terus-menerus membantu sistem kekebalan tubuh yang bekerja keras saat kita sakit.

2. Teh
Jika sakit tenggorokan, minumlah teh panas. Cairan hangatnya akan mengurangi pembengkakan kelenjar di tenggorokan. Uapnya juga akan membantu melegakan pernafasan. Agar manfaatnya lebih terasa, tambahkan sedikit madu. Selain membuat rasanya semakin enak, madu juga membantu melapisi tenggorokan untuk mengurangi sakit saat menelan.

3. Air kelapa
Air kelapa berisi elektrolit yang membantu jika kita dehidrasi dan membutuhkan cairan, seperti ketika sakit. Air kelapa juga mudah didapatkan dan tak mengandung tambahan gula dibanding minuman berenergi atau jus yang dijual di toko-toko.


4. Jus jeruk

Jus jeruk sangat kaya vitamin C. Selain itu, minuman ini juga mengandung antioksidan yang dapat membuang kotoran dari tubuh. Hindari jus dalam kemasan seperti yang dijual di supermarket karena kandungan gulanya tinggi. Peras sendiri jeruk segar agar mendapat hasil yang alami.

5. Jus tomat
Tomat kaya antioksidan yang membantu membilas dan mengoptimalkan kembali sistem tubuh saat flu. Selain itu, tomat juga mengandung lycopene yang membantu membangun kembali sel-sel tubuh dan mencegah beberapa jenis kanker.

6. Sari jahe
Sari jahe dapat meredakan sakit tenggorokan karena mengandung gingerol dan shaogal yang bersifat antiinflamasi. Selain itu, sari jahe juga dapat membunuh rhinovirus penyebab pilek. Jahe bisa diambil sarinya atau dicampurkan dalam the.

7. Red wine
Kalau Anda meminum alkohol, red wine bisa jadi salah satu minuman yang baik diteguk saat sedang flu. Jejak resveratrol dalam minuman dapat mengurangi pembengkakan di hidung ketika tersumbat.

sumber : detik.com