Ternyata Ponsel Benda Paling Berkuman! Ini Cara Bersihkannya - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Ternyata Ponsel Benda Paling Berkuman! Ini Cara Bersihkannya



Saat ini hampir setiap orang sudah memiliki ponsel pribadi, termasuk anak-anak dan remaja. Benda ini sudah menjadi benda 'wajib' dan hampir setiap saat tangan kita menyentuhnya. Oleh sebab itu, hasil berbagai tes mengungkapkan bahwa ponsel merupakan benda paling berkuman.

Seringkali tidak terpikirkan oleh kita ada berapa banyak kuman yang ada di ponsel. Banyak tes telah menunjukkan bahwa ponsel bahkan mengandung kuman dan bakteri lebih banyak dari dudukan toilet. Ini diakibatkan oleh panas yang dihasilkan dari ponsel itu sendiri dan banyaknya jumlah kontak yang tangan kita lakukan dengan benda tersebut.

Membersihkan ponsel mungkin menjadi sesuatu yang jarang Anda lakukan. Nyatanya, sangat penting untuk membersihkan benda ini secara rutin untuk meminimalisasi kuman dan bakteri yang hidup di dalamnya. Berikut cara untuk membersihkan ponsel agar terhindar dari perpindahan kuman dan bakteri, seperti dilansir Female First, Minggu (4/8/2013):

1. Matikan ponsel

Jangan membersihkan ponsel dalam kondisi menyala karena Anda mungkin secara tidak sengaja menekan tombol yang tak diinginkan. Matikan ponsel secara total, lepaskan penutup depan dan belakang jika memungkinkan.

2. Gunakan kain microfiber

Kain microfiber dapat membersihkan ponsel tanpa menyebabkan kerusakan pada bahannya. Biasanya kain ini terdapat di dalam kemasan saat Anda membeli ponsel baru. Namun jika memang tidak ada, Anda bisa membeli kain microfiber di optik karena sering pula digunakan untuk membersihkan lensa.

3. Bersihkan dengan air mengalir

Cara terbaik untuk membersihkan layar dan lensa kamera dari ponsel Anda adalah dengan menggunakan air keran. Basahi kain dan usapkan naik turun pada layar dan lensa kamera ponsel.

Pastikan untuk menggunakan air keran untuk menghindari kandungan bahan kimia yang dapat menyebabkan penumpukan bakteri dan kerusakan yang tak diinginkan pada layar ponsel Anda.

4. Selalu cuci tangan setelah menggunakannya

Jika Anda ingin menghindari penumpukan bakteri di ponsel, cobalah utnuk menjaga kebersihan tangan Anda dulu. Selalu sediakan hand sanitizer dan pastikan tangan Anda bersih saat akan menggunakannya. Begitu juga setelah Anda menggunakan ponsel, selalu cuci tangan untuk memastikan kebersihan tangan.

Secara teratur membersihkan perangkat ponsel Anda akan memastikan bahwa tidak ada risiko bahaya yang muncul kepada siapa pun yang menggunakannya.

sumber : detik.com