PRT Mudik Lebaran, Ingin Pakai Jasa Laundry? Perhatikan 7 Hal Ini - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

PRT Mudik Lebaran, Ingin Pakai Jasa Laundry? Perhatikan 7 Hal Ini

Setiap Muslim pasti ingin merayakan Hari Lebaran bersama keluarga dan sanak saudara, termasuk pembantu rumah tangga (PRT). Kehadiran PRT terutama bagi keluarga yang orangtuanya bekerja tentu cukup penting. Terlebih lagi jika masih mempunyai bayi atau balita yang perlu perhatian lebih.

Mencuci pakaian termasuk salah satu pekerjaan rumah tangga yang paling berat dan menguras waktu, apalagi untuk ibu bekerja. Saat ditinggal pembantu rumah tangga (PRT) mudik, tentunya Anda tidak ingin rumah dipenuhi oleh tumpukan pakaian kotor dan bau.

Bagi Anda yang mengutamakan kepraktisan, bisa menggunakan jasa laundry dan dry cleaning. Sejumlah tempat ada yang menawarkan layanan antar jemput hingga pencucian ekspres yang bisa selesai kurang dari satu hari. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memesan layanan ini:

1. Bisnis laundry rumahan yang menerima cucian per kg biasanya tidak beroperasi menjelang Lebaran, misalnya seminggu atau bahkan dua minggu sebelum hari 'H'. Ada baiknya Anda mengecek dulu tanggal dan jam operasional lewat telepon. Tanyakan juga kapan mereka kembali menerima pesanan pasca Idul Fitri, karena biasanya PRT baru pulang dari mudik 2-3 minggu setelahnya.

2. Untuk laundry kiloan, umumnya ada pemesanan minimum, yaitu 3 kg sekali order. Jadi sebaiknya kumpulkan semua pakaian, bed cover, seprai, sarung bantal atau karpet agar lebih efisien dan Anda tidak perlu bolak-balik ke tempat laundry. Harga jasa laundry umumnya Rp 6.000 hingga Rp 7.000 per kg.

3. Beberapa tempat laundry ada yang menawarkan jasa antar-jemput. Cari tahu apakah akan dikenakan biaya tambahan. Untuk wilayah yang dekat dengan lokasi laundry, pengiriman biasanya gratis. Namun jika tempatnya cukup jauh umumnya dikenakan biaya lagi.

4. Cari tahu berapa lama cucian akan selesai; satu hari, tiga hari atau seminggu? Hal ini untuk mengantisipasi apabila Anda dan keluarga kehabisan pakaian bersih karena di rumah tidak ada yang mencuci. Tanyakan juga apakah ada kemungkinan hasil cucian bisa dipercepat.

5. Jika semua jasa laundry rumahan atau kiloan tidak beroperasi, bisa di tempat laundry ternama dan yang sudah memiliki banyak cabang. Namun harganya tentu lebih mahal. Umumnya mereka baru tutup satu hari sebelum atau tepat di Hari Raya. Misalnya jasa laundry 5asec yang tutup pada 8-13 Agustus 2013. Anda masih bisa memasukkan pesanan dua atau tiga hari sebelum Lebaran. Sebab satu hari sebelumnya hanya melayani pengambilan baju dan buka sampai pukul 12.00.

6. Karena harga jasa laundry di tempat besar lebih mahal dari laundry rumahan, sebaiknya utamakan pakaian yang biasa dikenakan untuk bepergian, sekolah atau ke kantor. Sementara untuk pakaian rumah bisa dicuci sendiri atau tunggu hingga laundry rumahan kembali beroperasi.

7. Untuk layanan dry clean, bisa diambil dalam waktu sehari atau kurang dari itu. Sementara laundry bisa lebih dari dua hari, tergantung kondisi dan bahan pakaian. Anda juga bisa minta dipercepat dengan memberitahukannya terlebih dahulu waktu dan hari pengambilan kepada staf laundry. Biasanya mereka akan memberi prioritas untuk permintaan khusus tanpa tambahan biaya. Namun laundry di tempat besar tidak menyediakan layanan antar-jemput.

sumber : detik.com