Persib Jadi Klub Terbaik Dunia, Fans Barca dan Madrid Protes - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Persib Jadi Klub Terbaik Dunia, Fans Barca dan Madrid Protes


Persib Bandung terpilih jadi klub terbaik dunia? Ya, tepatnya melalui online voting yang disediakan oleh situs The Top Tens. Dalam daftar itu, Persib bahkan berada di atas FC Barcelona, Real Madrid, hingga Manchester United (MU), Chelsea, Bayern Munchen dan lain-lain.

Setidaknya, itulah yang bisa dilihat dalam thread berjudul "Best Football (Soccer) Clubs in the World" tersebut, hingga Senin (5/8) siang ini. Tepatnya dalam daftar 10 besar, di bawah posisi Persib secara berurutan ada Barca, Madrid, MU, Chelsea, diikuti Bayern, Galatasaray, AC Milan, Liverpool, hingga Arsenal.

Kontan, para pendukung klub-klub Eropa yang diyakini juga merupakan para pemilih tersebut, melontarkan protes atas "hasil" ini. Salah satunya antara lain bisa dilihat dari komentar di bagian mengenai Barcelona.

"Saya pikir Barcelona adalah salah satu klub terbaik di dunia. Dan saya harus katakan, ini pertama kalinya saya mendengar nama Persib Bandung," tulis pendukung Barca itu, tentunya dalam bahasa Inggris.

Ungkapan senada, juga terlihat dituliskan oleh salah seorang pendukung Real Madrid di bagian komentar klub favoritnya itu.

"Real Madrid adalah klub terbaik di dunia. Urutan ke-6 tidak fair. Aku bahkan belum pernah mendengar nama Persib sebelumnya," ungkapnya, sambil menyebut posisi Madrid sebelumnya di dalam daftar.

"Belum pernah dengar nama Persib Bandung, dan ayolah, Barcelona punya Messi, Villa, Xavi, Iniesta, valdes, Sergio Busqets, Puyol, Pique, dan ya, tentu saja bagus kalau mereka punya Casillas, tapi tetap, mereka jelas-jelas adalah klub sepakbola terbaik di dunia saat ini! Ayolah!)," tulis pendukung Barcelona lainnya.


 
Apa pun itu, daftar ini memang tampaknya sengaja dibuat sebagai ajang voting bagi para pengguna internet, termasuk dalam hal ini penggemar klub sepakbola. Pengelolanya sendiri di bagian awal daftar ini sudah mewanti-wanti bakal adanya banyak pihak yang tak setuju maupun protes soal hasil pemeringkatan.

"Tak sependapat dengan daftar ini? Berilah pilihan (vote) pada item tertentu yang Anda pikir harusnya berperingkat lebih tinggi, atau jika Anda log-in, tambahkan item baru untuk dipilih orang lain, atau buatlah versi Anda sendiri untuk daftar ini," tulis mereka.

Persib sendiri sebenarnya bukan satu-satunya nama asal Indonesia yang ada dalam daftar tersebut. Di posisi ke-15 (hingga siang ini) misalnya, juga ada nama klub sepakbola lainnya, yaitu Persebaya Surabaya.

Dalam sebuah keterangannya yang di-update terakhir pada 4 Agustus lalu, daftar ini disebut telah dibuat lebih dari 6 tahun lalu, serta telah di-vote sebanyak lebih dari 103.000 kali. Saat ini, daftar "Klub Sepakbola Terbaik di Dunia" ini terlihat masuk dalam 10 besar popular lists di situs itu.