Ingin Obati Jerawat dan Bibir Pecah-pecah? Gunakan Lemon - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Ingin Obati Jerawat dan Bibir Pecah-pecah? Gunakan Lemon


Lemon seringkali dijadikan bahan campuran untuk minum teh. Bahkan kini lemon kerap dijadikan varian rasa dalam beberapa kudapan. Sayangnya, meski sering dikonsumsi, di balik manis asam buah lemon terdapat beberapa manfaat kesehatan yang masih jarang diketahui.

Jika Anda memiliki jerawat, lemon bisa diandalkan untuk menggatasinya. Demikian pula jika Anda kerap terganggu dengan bibir yang pecah-pecah. Nah, seperti dilansir Huffington Post, Jumat (16/8/2013), berikut ini sembilan manfaat menakjubkan tentang lemon yang patut Anda ketahui:

1. Menyembuhkan jerawat dan menghilangkan komedo

Sifat antibakteri dan antijamur yang terkandung di dalamnya membuat lemon bisa menjadi alternatif alami untuk mengobati jerawat. Caranya iris lemon dan kemudian gosokkan di wajah. Atau bisa juga dengan menambah beberapa tetes madu yang dicampur dengan lemon sebelum dioleskan langsung di daerah yang terdapat jerawat atau komedo. Tunggu lima sampai sepuluh menit kemudian bilas dengan air dingin.

2. Menyamarkan noda dan bintik hitam

Bekas jerawat atau noda hitam pada wajah bisa dihilangkan dengan lemon. Asam sitrat dari lemon secara bertahap bisa memudarkan bintik-bintik hitam serta meratakan warna kulit. Tapi, berhati-hatilah saat mengoleskan lemon ke wajah jika ada luka terbuka karena itu bisa mengakibatkan rasa perih yang sangat menyakitkan.

3. Memutihkan gigi

Tak perlu melakukan perawatan mahal untuk mendapat gigi yang putih. Cukup lakukan dengan cara alami yakni menggunakan campuran baking soda dan perasan lemon. Oleskan cairan tersebut pada gigi dengan memakai cotton bud selama tidak lebih dari satu menit karena asam pada lemon cukup kuat untuk memecah enamel gigi. Setelah itu gosoklah dengan sikat gigi.

4. Menghilangkan kulit berminyak

Oleskan air perasan lemon dengan menggunakan kapas ke wajah sebelum tidur. Kemudian cuci wajah Anda keesokan harinya. Dengan rutin melakukan cara ini, Anda bisa mencegah kulit yang berminyak.

5. Mencerahkan rambut

Lemon bisa jadi bahan highlight termurah bagi rambut Anda. Caranya, campur perasan lemon dengan kondisioner rambut dan oleskan di setiap helai rambut. Lebih baik jika dilakukan dengan bantuan sisir. Setelah itu duduklah di bawah sinar matahari selama beberapa jam kemudian bilas rambut sampai bersih. Ulangi langkah ini minimal seminggu sekali dan Anda akan mendapatkan hasil rambut yang berkilau dan terasa lebih ringan.

6. Menguatkan kuku

Beberapa obat penguat kuku yang mengandung banyak bahan kimia justru bisa memperburuk kesehatan kuku. Lebih baik, gunakan obat alami dari campuran minyak zaitun dan perasan lemon. Selain mengobati kondisi kuku yang lemah dan rapuh, ramuan ini juga bisa memutihkan kuku.

7. Mengatasi kulit kepala yang kering dan ketombe

Masker rambut memang dipercaya bisa mengatasi kulit kepala yang kering dan menghilangkan ketombe. Tapi jika ada perawatan yang lebih mudah dan murah tak ada salahnya Anda coba bukan? Campurkan minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan perasan lemon kemudian pijat secara merata ke kulit kepala. Cara ini bisa jadi solusi sederhana untuk kulit kepala yang kering dan ketombe.

8. Mengobati bibir pecah-pecah

Gunakan irisan lemon dan oleskan ke bibir saat malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya, bilas bibir Anda kemudian tak ada salahnya untuk minum jus lemon karena itu akan menghapus sel-sel kulit mati yang bisa membuat kulit bibir Anda lebih mulus.

9. Membersihkan wajah dan tubuh

Jika Anda tidak yakin apakah produk pembersih benar-benar bisa menghilangkan kotoran pada tubuh dan wajah, tak ada salahnya jika Anda membuat sendiri pembersih tersebut. Bahannya berasal dari campuran perasan lemon, yogurt, dan minyak esensial seperti lavender atau chamomile. Gunakan campuran tersebut untuk memijat seluruh bagian tubuh dan wajah agar kotoran dan bakteri hilang sekaligus melembabkan kulit.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi jus lemon karena kemungkinan bisa menimbulkan reaksi parah saat tubuh terkena sinar matahari.

sumber : detik.com