Angkutan Mudik Gratis 2013 Digelar Kolinlamil Tanjung Priok - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Angkutan Mudik Gratis 2013 Digelar Kolinlamil Tanjung Priok


Komando Lintas laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan upacara gelar kesiapan personel dan KRI dalam rangka angkutan laut lebaran mudik gratis, khusus kendaraan bermotor (Ranmor) roda dua tahun 2013, di dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Gelar kesiapan ini diselenggarakan untuk melaksanakan pengecekan dan kesiapsiagaan uncur dalam rangka pemberangkatan angkutan Lebaran 2013," ungkap Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil), Laksda TNI S M Darojatim dalam amanatnya yang dibacakan Kaskolinlamil Laksamana Pertama TNI Karma Suta, pada Jumat 2 Agustus 2013.

Dalam amanatnya, Darojatim juga mengatakan, bantuan angkutan ini merupakan tugas TNI/TNI AL dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan sebagai wujud dari pelaksanaan tugas tersebut. Untuk itu TNI AL ikut berperan serta pada program pemerintah dalam melancarkan arus transportasi lewat laut pada Lebaran 2013 ini, dengan menggerakkan KRI Banda Aceh (BAC)-593 dengan rute Jakarta-Semarang pada 4-6 Agustus nanti.

KRI Banda Aceh (BAC)-593 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Yana Hardiyana, memprediksi jumlah penumpang mudik lebaran gratis tahun ini mencapai 6.000 orang dan 3.000 sepeda motor dengan satu kali keberangkatan yang membawa penumpang 2.000 orang dan 1.000 unit sepeda motor.

"Ini adalah tugas kita sebagai TNI/TNI AL dan kita harus bangga karena kita dapat menghantarkan saudara-saudara kita berlebaran di kampung halamannya. Ini juga merupakan tugas mulia yang Insya Allah akan mendapatkan pahala dari Tuhan yang Maha Esa," tandas Darojatim dalam amanatnya.

Agar memahami fungsi dan tugas masing-masing personel, Darojatim di akhir amanatnya juga menekankan perlunya memperhatikan keamanan dengan menepati semua prosedur yang telah ditetapkan, serta selalu mengutamakan keselamatan personel dan material. Selain itu kondisi fisik dan mental juga perlu disiapkan agar tetap prima guna mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaaan tugas dan mencegah terjadinya kecelakaan serta kerugian yang tidak diinginkan.

"Perhatikan semua prosedur secara cermat dan benar dengan mengutamakan Zero Accident," tegas Darojatim.

Sumber: liputan6.com