7 Cara Membuat Olahraga Jadi Lebih Menyenangkan - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

7 Cara Membuat Olahraga Jadi Lebih Menyenangkan


Saat berolahraga seringkali banyak nasihat atau anjuran yang terdengar mengerikan dan terkesan melelahkan. Meskipun penafsiran terhadap anjuran tersebut tergantung individu dan belum tentu cocok untuk setiap orang, tapi ada beberapa anjuran yang mungkin bisa diterima semua orang.

Berikut tujuh anjuran olahraga yang akan mudah diterima oleh semua orang, seperti dikutip dari Huffington Post, Selasa (13/8/2013):

1. Lakukan Hanya 20 Menit

Anda tidak perlu menjadi seorang pelari maraton untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Meski tidak seefektif olahraga berat selama 40 menit, melakukan aktivitas sehari-hari selama 20 menit telah terbukti bisa menurunkan berat badan dan lemak tubuh serta menurunkan risiko diabetes tipe 2.

2. Ambil 'Cuti Olahraga'

Tak ada salahnya libur berolahraga sekali-sekali. Hal ini wajar dan bersifat ilmiah. Terlalu over berolahraga juga bisa membahayakan otot dan sendi terutama yang berkaitan dengan siklus tidur dan menstruasi. Selain itu, kulit Anda juga bisa terbakar matahari, mengalami luka serius, atau merasa putus asa dalam upaya menurunkan berat badan Anda.

3. Temukan Jenis Olahraga yang Anda Cintai

Tak perlu memaksakan diri untuk melakukan latihan yang tidak Anda sukai. Jika Anda tidak suka berjalan, berenang, atau ikut kelas yoga, sebaiknya hentikan kegiatan itu. Cobalah cari sesuatu yang benar-benar Anda sukai misalnya Zumba, softball, atau bahkan berkebun dan kemudian buat kegiatan itu menjadi kebiasaan Anda.

4. Berhenti Lakukan Sit-up

Sit up bukanlah satu-satunya jalan mendapatkan tubuh six pack. Penelitian menunjukkan bahwa kita tidak bisa melihat pengurangan lemak tepat di daerah yang kita inginkan, seperti perut, meskipun sudah beberapa kali melakukan sit up. Ditambah lagi, sit up yang tidak perlu bisa memberatkan tulang belakang. Kekuatan inti yang penting pada tubuh yaitu keseimbangan, stabilitas, dan kekuatan tangan serta kaki.

5. Susu Cokelat Baik Diminum Usai Olahraga

Menyesap minuman manis ini dikatakan kurang baik karena mengandung lemak dan gula yang tinggi, tapi penelitian baru-baru ini 'mengizinkan' kita untuk merasa seperti anak kecil lagi. Sebab susu cokelat dikatakan sebagai kombinasi karbohidrat dan protein yang cukup padat yang dibutuhkan tubuh untuk segera pulih dari berolahraga.

6. Jangan Kurangi Tidur Demi Olahraga

Olahraga dan tidur memiliki hubungan yang erat. Oleh karena itu, mengurangi waktu tidur untuk berolahraga bisa berisiko bagi kesehatan Anda. Seperti penelitian Daylight Saving Time, kehilangan jam tidur selama satu jam saja bisa meningkatkan efek berbahaya seperti kecelakaan mobil, serangan jantung, dan cedera di tempat kerja.

"Jika Anda kurang tidur, Anda akan lebih berisiko mengalami peradangan dan penurunan hormon yang membantu menurunkan lemak serta menstabilkan nafsu makan," kata Ben Greenfield. Oleh karena itu, buatlah diri Anda senyaman mungkin berada di balik selimut dan dapatkan tidur yang nyenyak.

7. Kafein Bisa Memberi Stamina

"Sentakkan kafein dari kopi atau teh bisa memberi stamina dan daya tahan yang sedikit lebih baik, tapi usahakan jangan gunakan pemanis seperti gula karena itu bisa menghilangkan efek pick me up dari kafein," kata ahli gizi olahraga, Molly Kimball Shape.

sumber : detik.com