6 Ide Agar Lebaran Lebih Berkesan - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

6 Ide Agar Lebaran Lebih Berkesan


Bagi umat muslim, Lebaran adalah hari kemenangan melawan hawa nafsu dan kejahatan. Satu tradisi yang pasti dilakukan oleh umat muslim di Indonesia adalah saling bermaafan kepada orangtua dan kerabat.

Namanya tradisi, tentu sudah menjadi kewajiban yang pantang dilewatkan. Untuk memberikan suasana berbeda saat Lebaran, coba buat beberapa kegiatan kejutan setelah acara sungkeman keluarga. Enam ide berikut bisa Anda coba.

1. Menghidangkan menu yang baru
Lebaran adalah hari yang istimewa, oleh karenanya Anda perlu memasak makanan yang lebih istimewa dibanding hari biasanya. Ajak seluruh keluarga untuk membantu Anda memasak. Jika Anda biasanya hanya memasak opor ayam, sambal goreng hati, gulai kambing, atau sayur labu siam, coba tambahkan menu baru untuk teman makan ketupat. Misalnya, sambal goreng udang kacang merah, sambal goreng printil, atau semur bandeng surabaya.

2. Bertukar kado
Agar lebih terasa istimewa, ajak seluruh anggota keluarga untuk bertukar hadiah. Masukkan kertas berisi nama masing-masing anggota keluarga ke dalam wadah, lalu minta mereka mengambil satu kertas. Nama yang tercantum dalam kertas adalah hadiah yang didapatkan. Tak harus hadiah yang mahal, tapi hadiah lain seperti kerajinan tangan atau benda buatan sendiri juga bisa jadi kado yang menarik.

Tradisi bertukar kado ini dikenal di Pakistan, yang biasanya dilakukan dengan meletakkan kertas berisi nama di dalam kufi dan setiap orang harus mengambil satu. Nama yang tertulis di dalam kertas ini adalah nama orang yang harus Anda belikan hadiah. Jika di dalam keluarga ada bayi, maka bayi ini harus mendapatkan hadiah dari setiap anggota keluarga.

3. Mengajak anak berbagi ke lingkungan sekitarnya
Ada banyak cara untuk mengajarkan anak-anak belajar tentang nilai pengorbanan. Misalnya, berkorban untuk memberikan mainannya kepada orang lain. Dengan demikian, Anda juga mengajarkan anak untuk saling berbagi.

Cara yang lebih mudah untuk dilakukan adalah dengan meminta kakek dan nenek untuk bercerita tentang tradisi keluarga selama bulan Ramadhan. Selain itu cerita tentang kebiasaan keluarga untuk menghabiskan libur Idul Fitri sembari melakukan perbuatan baik juga bisa diceritakan. Harapannya, si anak bisa mencontoh semua perbuatan baik ini.

4. Merekam acara kumpul keluarga
Setiap waktu pasti ada saja keseruan dan kelucuan saat berkumpul bersama. Agar momennya  jadi lebih berkesan, coba rekam semuanya menjadi video. Mulailah merekam semua kegiatan, mulai dari bangun tidur, menjelang shalat Id, makan bersama, ngobrol, bahkan sampai tidur kembali. Setelah semua scene terkumpul dan diedit, Anda bisa menghadiahkannya menjadi sebuah video kenangan yang berkesan untuk semua anggota keluarga.

5. Mengunjungi orang yang kurang beruntung
Tidak semua orang punya nasib seberuntung Anda. Anda patut bersyukur karena masih bisa menikmati ketupat Lebaran dan semua sajian yang dihidangkan. Ada lho, orang yang tidak bisa menikmatinya karena tidak punya uang untuk membeli atau membuatnya.

Anda bisa membuat Lebaran lebih berkesan dengan cara mengunjungi orang-orang yang kurang beruntung ini. Misalnya, ke panti jompo, panti asuhan, rumah sakit, atau bahkan ke tetangga yang kesusahan. Bagikan kegembiraan Idul Fitri yang Anda rasakan dengan mereka.

6. Piknik
Selama ini acara kumpul keluarga besar biasanya dilakukan di rumah orangtua atau di tempat kakak tertua. Nah, agar suasana dan nuansanya berbeda, lakukan saja di ruang terbuka. Jika ingin yang lebih seru lagi mungkin Anda bisa piknik di taman. Tetapi kalau tidak memungkinkan, tata saja meja makan di taman rumah.


Sumber: kompas.com