Waspadai Keseringan Alami Nyeri Punggung - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Waspadai Keseringan Alami Nyeri Punggung


Di zaman serba canggih ini, kita seakan dimanjakan dengan berbagai kemudahan dan kenyamanan.

Bekerja di depan komputer, menonton TV, mengendarai kendaraan dalam waktu lama ternyata bisa menyebabkan tulang belakang kita kesulitan untuk menyesuaikan diri karena beban saat itu bertumpu padanya. Pantas saja jika selalu mengeluh nyeri dan pegal di area punggung padahal tidak melakukan kegiatan yang 'berat'.

Tulang belakang merupakan kunci untuk kesehatan tubuh kita. Otak menghasilkan impuls saraf, tetapi tulang belakang bertugas untuk mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Setiap sel dalam tubuh kita tersambung dengan tulang belakang.

Jadi karena kesehatan fungsional tubuh kita tergantung pada aliran sistem saraf, maka ketika tulang belakang kita menderita, kesehatan kita secara keseluruhan juga akan terganggu.

"Kita harus menghormati struktur ini sehingga akan memberikan kekuatan dan fleksibilitas yang tinggi untuk hidup kita dalam jangka waktu lama," Dr Chua Soo Young selaku Ahli Ortopedi dan Bedah Tulang Belakang dari Mount Elizabeth Novena Hospital dan Parkway East Hospital Singapore.

Supaya tulang belakang tetap sehat, Dr Chua menegaskan ada banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya aktivitas fisik. "Bergeraklah. Semakin sering kita bergerak, maka semakin kita sehat," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Ghiboo (4/7).

Selain aktif bergerak yang baik untuk kondisi fisik dan menjaga berat badan ideal, masih ada 9 hal lagi yang perlu diperhatikan demi tulang belakang lebih sehat. Ayo lakukan!

1. Berhenti merokok, karena nikotin yang terkandung dapat membuat tulang dehidrasi dan membuat mereka rentan rapuh.

2. Selalu tegak berdiri sebaik mungkin, dengan bahu, punggung dan kepala Anda berpusat langsung sejajar di atas tulang belakang. Cobalah untuk duduk dengan cara yang sama, menegakkan kepala sejajar dengan tulang belakang. Jangan duduk dengan kaki disilangkan, kecuali pada pergelangan kaki.

3. Kurangi duduk dalam waktu yang lama.

4. Tidurlah pada kasur yang memiliki kualitas baik, lembut dan tidak ada benjolan, karena sepertiga dari hidup kita dihabiskan di tempat tidur.

5. Tidur telentang, berbaring dengan bantal di bawah kepala dan leher dan bantal di bawah lutut kita. Jangan tidur dengan lebih dari satu bantal di bawah kepala. Leher tidak harus didorong supaya dagu kita bergerak ke arah dada kita.

6. Jangan gunakan bantal busa biasa. Bantal berbentuk serviks atau bantal bulu adalah yang terbaik.

7. Jangan beristirahat di sofa dengan kepala bersandar pada sandaran kanan/kiri sofa.

8. Tidak membaca di tempat tidur, tidak bersandar pada siku, atau menggunakan mobile phone dan laptop sambil berbaring.

9. Hindari mengangkat beban lebih dari 50 kilogram.



sumber : yahoo.com