Unik! Pengusaha ini Bangun Pagar dari Akuarium - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Unik! Pengusaha ini Bangun Pagar dari Akuarium


Dalam dunia usaha, diferensiasi produk atau jasa menjadi hal penting. Itu juga yang dilakukan seorang pengusaha asal Turki, Mehmet Ali Gokceoglu, demi menarik pengunjung ke vila mewah miliknya di kawasan resor liburan populer di Cesme, Izmir, Turki.


Sebetulnya, villa miliknya cukup mengesankan, tiga lantai dengan taburan lampu yang dari kejauhan mirip kerlip bintang. Letaknya juga di pinggir pantai. 


Namun, yang istimewa, Mehmet mengubah konsep pagar yang konvensional menjadi unik. Sekitar 8 tahun lalu, ia mengganti pagar logam yang mengelilingi villa dengan jajaran akuarium, total sepanjang 50 meter. Yang diklaim satu-satunya di dunia. 

Ikan jenis barramundi, kurisi, mullet, belut, dan gurita adalah eberapa spesies Laut Aegea yang hidup di pagar akuarium milik Mehmet. Menurut beberapa laporan, kini ada hampir 1.000 ikan yang tinggal di pagar unik itu.


Dengan pagar unik dan jarak hanya selemparan batu dari pantai Laut Aegea--cabang Laut Tengah, vila milik Mehmet menjadi salah satu tujuan wisata populer di Cesme. Bahkan, mampu menarik seribu pengunjung per hari.

17 Kamera Pengintai 

Membangun struktur akuarium transparan sebagai pagar, bukan hal sulit. Tantangannya justru bagaimana menghubungkan pagar akuarium itu dengan pipa yang tertimbun tanah sepanjang 400 meter yang terhubung dengan Laut Aegea. 


Fungsi pipa adalah untuk memudahkan pergantian air juga menjaga kebersihannya, agar hewan yang tinggal di akuarium unik itu tak sesak nafas oleh kotoran yang menggenang. 

Mehmet, yang juga seorang insinyur topografi, menyewa tim penyelam swasta, khusus melakukan tugas tersebut. Mehmet pun rela membayar sekitar 40 ribu Turkish Lira atau Rp 210 juta untuk memenuhi mimpinya itu.


"Saat aku melihat orang-orang berbaris di luar vlla, aku tak peduli lagi dengan uangku. Semuanya terbayar saat melihat ekspresi mereka ketika menatap hasil karyaku," kata Mehmet seperti diwartakan Oddity Central pada Rabu 17 Juli 2013 .

Sejak diperkenalkan pada 2005, pagar cantik itu masih menarik wisatawan setiap liburan musim panas. Untuk mencegah kerusakan ‘pagar’ atau pencurian ikan, Mehmet memasang 17 kamera pengintai dengan sistem pengenalan wajah. 

Jadi meski pengunjung bisa melihat akuarium, mengambil foto atau videonya, kamera pengintai itu akan membunyikan alarm jika ada orang yang terlalu dekat dengan akuarium itu.


Sumber: liputan6.com