Stop! Jangan Dipencet, Ini Cara Terbaik Atasi Jerawat - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Stop! Jangan Dipencet, Ini Cara Terbaik Atasi Jerawat


Jerawat yang muncul di bagian wajah seringkali menimbulkan rasa gemas saat melihatnya. Rasa gemas ini kemudian akan berlanjut menjadi keinginan untuk memencet jerawat agar hilang. Padahal cara ini juga memperburuk kondisi jerawat itu sendiri.

"Memencet jerawat merupakan cara paling sering dilakukan untuk mengatasinya, baik oleh laki-laki maupun perempuan. Padahal ini sama sekali bukan solusi yang baik untuk mengatasi masalah jerawat," ujar dr Gloria Novelita, SpKK, spesialis kulit dan kelamin, dalam acara Nexcare: 'Don't Cover Your Face!', yang diadakan di ANZ Tower, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Selain akan menimbulkan nyeri, tangan yang tidak bersih dan digunakan untuk memencet jerawat akan memindahkan bakteri. Akibatnya, peradangan pada jerawat akan menjadi kian parah dan berujung pada kemerahan.

"Kalau sudah makin parah radangnya, pasti nanti jadi merah. Justru kebiasaan seperti ini yang membuat luka jerawat menjadi membekas dan bopeng," tutur dr Gloria yang kini praktik di Klinik BeYouTiful.

Menurut dr Gloria, kebiasaan ini muncul karena biasanya orang tersebut sudah tidak sabar ingin segera 'menghilangkan' jerawat yang ada di wajahnya. Bisa disebabkan karena akibat adanya jerawat tersebut ia menjadi tidak percaya diri dan malu. Lantas bagaimana cara menghilangkan jerawat tanpa memencetnya?

"Sebenarnya jerawat bisa sembuh sendiri, yang penting tidak disentuh-sentuh apalagi ditekan dengan tangan yang belum tentu terjaga kebersihannya dan bebas dari kuman. Sebab, selain karena faktor kebersihan, tekanan yang diberikan saat memencet jerawat juga akan merangsang jerawat untuk menjadi semakin radang," tutur dr Gloria.

Berikut tips dari dr Gloria untuk mengatasi jerawat:

  1. Bersihkan wajah setiap hari dengan menggunakan produk yang lembut dan tidak menimbulkan iritasi, misalnya produk pembesih khusus kulit sensitif
  2. Sebisa mungkin hindari untuk facial saat kulit wajah sedang berjerawat
  3. Istirahat yang cukup minimal 7-8 jam per hari
  4. Hindari menggunakan kosmetik berlebihan, apalagi jika digunakan selama seharian penuh. Sebab, kosmetik akan menutup pori-pori dan semakin menyumbat jerawat
  5. Hindari ruangan yang panas dan lembab karena akan memicu kelenjar keringat menjadi lebih aktif
  6. Jika sebelumnya Anda adalah seorang perokok, ada baiknya dihentikan terlebih dahulu
  7. Hindari stres yang berlebihan
  8. Perbanyak minum air putih dan kurangi makanan tinggi lemak
  9. Perbanyak asupan vitamin A dan zinc. Vitamin A terdapat pada hati sapi, wortel, brokoli, ubi jalar, kangkung, bayam, dan melon. Sementar zinc banyak terdapat pada tiram, hati sapi, daging merah, dan jamur.
(detik.com)