Setelah 85 Tahun Beroperasi, Bandara Polonia Resmi Ditutup - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Setelah 85 Tahun Beroperasi, Bandara Polonia Resmi Ditutup


Setelah 85 tahun menjadi ikon transportasi udara di Kota Medan, Bandara Internasional Polonia, akhirnya resmi ditutup pada Rabu (24/7) sekitar pukul 24.00 WIB. Fungsinya resmi digantikan Bandara Kualanamu, Deliserdang.

Pesawat AirAsia QZ 7803 menjadi pesawat terakhir yang mendarat di Bandara Polonia. Pesawat yang mengangkut penumpang dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, ini tiba di Bandara Polonia Medan, sekitar 23.50 WIB.

Kru pesawat beserta para penumpang disambut langsung Menteri BUMN Dahlan Iskan, Wakil Gubernur Sumut T Erry Nuradi dan sejumlah pejabat lainnya. Mereka disambut tari-tarian, dikalungi bunga dan diberi bingkisan.

Sambutan serupa diberikan kepada kru dan penumpang pesawat Lion Air JT 218 yang berangkat dari Jakarta. Ini merupakan pesawat kedua terakhir yang landing membawa penumpang umum ke Bandara Polonia.

Pesawat yang dipiloti Aaron Paul Sharples (30), asal Inggris, mendarat sekitar pukul 23.30 WIB. Paul dan Co Pilotnya Asep Isma (35) tampak sumringah saat dikalungi bunga dan diulosi Dahlan Iskan.

Setelah menyambut dua pesawat dan penumpang terakhir yang tiba di Bandara Polonia, Dahlan bersama sejumlah anggota rombongan langsung menaiki pesawat Garuda Indonesia menuju Bandara Kualanamu, Deliserdang.

Pesawat Garuda yang ditumpangi Dahlan dan rombongan akan menjadi pesawat pembawa penumpang pertama yang mendarat di Bandara Kualanamu. Pendaratan itu juga menandai soft operation sarana pengganti Bandara Polonia itu.

Bandara Polonia mulai dibuka resmi pada 1928. Pembukaannya ditandai dengan mendaratnya 6 unit pesawat udara milik KNILM, anak perusahaan KLM.

sumber : merdeka.com