Mau Tidur Nyenyak? Dinginkan Bantal dan Basahkan Tangan - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Mau Tidur Nyenyak? Dinginkan Bantal dan Basahkan Tangan


Untuk tidur lebih nyenyak, seringkali orang mandi air hangat atau minum susu sebelum tidur. Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk membuat tidur lebih nyenyak, yaitu dengan mendinginkan bantal terlebih dahulu di dalam lemari es.

Temperatur tinggi yang terjadi di malam hari dapat mempengaruhi proses pendinginan alami tubuh ketika akan tidur, seperti dilansir Times of India, Rabu (17/7/2013).

"Tubuh melepaskan panas melalui tangan, wajah, dan kaki selama kita tidur dan akan menjadi dingin sampai sekitar pukul 4 pagi," tutur Dr Chris Idzikowski, direktur The Edinburgh Sleep Centre dan penulis Sound Asleep.

Dr Idzikowski mengungkapkan, jika ada sesuatu yang mencegah penurunan suhu selama tidur, maka kualitasnya akan menurun dan Anda justru akan menjadi sulit tidur.

Selain itu, lanjut Dr Idzikowski, pemilihan bahan seprai juga berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Ia menegaskan bahwa bahan dengan serat alami seperti katun merupakan yang terbaik. Kasur yang terbuat dari busa atau bahan sintetis lainnya juga sebaiknya diganti dengan mattres atau pelindung kasur yang terbuat dari bahan katun.

Saran lain dari Dr Idzikowski, simpanlah bantal di dalam lemari es selama sehari penuh menyarankan bahwa orang dapat menyimpan bantal mereka di lemari es sehari penuh dan gunakan untuk tidur.

Pakaian tidur juga sebaiknya dipilih dengan baik. Pakaian tidur yang paling nyaman adalah pakaian tidur longgar dengan bahan katun atau sutra. Pakaian dengan bahan ini dianggap lebih efektif membantu tidur lebih nyenyak dibandingkan bahan pakaian lainnya.

"Jika Anda memiliki masalah insomnia, biarkan pergelangan tangan dan tangan mereka terkena aliran air dingin dari keran selama beberapa menit. Keringkan segera dan cobalah untuk tidur," tutur Dr Idzikowski.

sumber : detik.com